14 November 2027

Global Warming Bikin Dunia Banjir Pejantan

Global warming tidak hanya menyebabkan perubahan iklim, tetapi juga mengganggu interaksi seksual di kehidupan liar. Salah satu dampak yang mengkhawatirkan adalah terganggunya perkembangbiakan makhluk hidup karena kenaikan suhu cenderung melahirkan banyak pejantan daripada betina.

Pada kebanyakan hewan melata (reptil), jenis kelamin ditentukan seberapa suhu pengeraman telur setelah dibuahi hingga menetas. Jika suhunya di atas suhu rata-rata, biasa disebut pivotal temperature, hampir pasti akan tumbuh menjadi pejantan. Hal tersebut akan menimbulkan masalah jika tingkat kenaikan suhu melaju lebih cepat daripada kemampuan alam melakukan adaptasi. Jumlah betina akan jauh lebih kecil daripada pejantan.

Ancaman yang sama juga dihadapi kelompok ikan. Penelitian terbaru yang dilakukan Natalia Ospina-Alvarez dan Fransesc Piferrer dari Marine Science Institute di Barcelona, Spanyol, menemukan bahwa 6 genus ikan—dari 20 yang terindikasi—nyata-nyata memiliki jenis kelamin yang ditentukan suhu pengeraman atau biasa disebut TSD (temperature-dependent sex determination). Antara lain, genus Menidia dan Apistogramma.

Hasil penghitungan mereka menunjukkan bahwa kenaikan suhu air sebesar 4 derajat Celcius, yang diprediksi akan terjadi sepanjang abad ini akan menghasilkan rasio pejantan dan betina sebesar 3 berbanding 1. Rasio tersebut sangat berisiko untuk menjamin kelangsungan hidup ikan.

Pada manusia, kenaikan suhu global mungkin tak berpengaruh pada rasio jenis kelamin. Namun, dampaknya tetap mengancam kelangsungan hidup di muka Bumi.

Wahhh...
Sungguh mengerikan ya akibatnya...
Mau keplanet mana nanti kita ngungsi...apalagi menurut riset dampaknya terhadap manusia jelas-jelas disebutkan masih mungkin.. berarti.....????


Sumber : LIVESCIENCE


Regards



40 komentar:

  1. Mba, klo posting diatas itu ngak terjadi pada hewan liar saja, bahkan peternakan ayam yang menjual DOC(bibit ayam 0-5 hari) itu sangat menguntungkan. Pasalnya pengeraman cukup singkat. Dan ordernya yang biasanya kewalahan...malah menjadi lebih.

    Diatas menyebabkan kelangkaan pejantan, wah bahaya klo terjadi pada manusia, ntar kekurangan wanitanya dong....!

    BalasHapus
  2. @Bang Ir.
    Kalo untuk ayam mempengaruhi jenis kelaminnya engga bang?? Kalo akhirnya pejantannya yang banyak .. lama2 akan punah juga dong..
    Nahh kalo terjadi sama manusia?? he..he..ya siap-siap jomblo buat para pejantan..he..he..kaburrrrrrrr

    BalasHapus
  3. Wah untung gak berpengaruh ke manusia ya. Bahaya kalau sampai berpengaruh.

    BalasHapus
  4. hiduuuup gobal warming... eeeh kok hidup siii...*gubrakkk*
    mbak, jawaban comment mbak, ada di comment-ku . liat ya...hikhikhikhik

    BalasHapus
  5. wah pengaruhnya besar gag yah buat pejantan? kayaknya kecil yah.....

    BalasHapus
  6. wah..kalo terjadi sama manusia..enak yg cowo dong mbak ya..krn yg cewe pasti rebutan mencari 'pejantan'...hehehe

    BalasHapus
  7. Hahaa.... dah baca serius, trus liat komentarnya budiawanhutasoit, asli sakit perut nie...!!

    Tapi boleh juga!

    Wakakkakakkkkkkkkk.,.,.,.,.

    BalasHapus
  8. @Erik: mungkin masih bisa bang..

    @indra putu achyar: "gubrak" juga..

    @ harry seenthing: ya besar sekali mas...kan pejantannya hadi lebih banyak..

    BalasHapus
  9. @Budiawanhutasoit: ngga kebalik mas?? ngeles nih..he..he..

    @Wendra wijaya: iya...ngakan juga..he..he..

    BalasHapus
  10. wah.. kacau dong, anjing kucing makin sering berkelahi sesama pejantan, karena hanya ada beberapa betina saja, sedang kini musim kawin.. :(

    Tapi di China lelaki lebih banyak tuh mbak..

    BalasHapus
  11. klo yang saya maksud, itu ga pengaruh apapaun buat tukang ayam....soalnya ayam buras, ayam potong gicuhh....

    BalasHapus
  12. Dampak serupa jelas terjadi pd dunia blog. Buktinya, komentator posting ini semuanya jenis pe-"jantan" hi hi . . .
    Salam

    BalasHapus
  13. @Hendrawan : tau aja kalo musim kawin he..he..

    @Bang Ir : Oh ayam potong ya bang...

    @Pakde : ha..ha..pakde bener juga...yang pe"jantan" seolah-olah pada mau protes..bener ngga nih pakde?? he..he..

    BalasHapus
  14. mau posting komen jadi geli mbayangin dikerubuti reptil-reptil cowok...andai aja ada satu reptil yang cewek mungkin masih mendingan...

    BalasHapus
  15. waduh, suseh ngebayanginnya kalo reptilnya adalah penjelmaan para cowok.......

    BalasHapus
  16. biar seimbang, kandang ayamnya pake AC aja mba.
    asal jgn ayam kampung aja tar mabok ac wuahahahha

    BalasHapus
  17. betul dampaknya pd blogging krn kebnykn yg koment para pejantan hihihi...

    BalasHapus
  18. good bunda.. dan cukup aneh dan unik .
    sipppppppppppppppp

    BalasHapus
  19. Memang dahsyat dampak dari global warming ini ...global warming ini memang fenomena alam, namun ulah manusia juga sangat besar pengaruhnya.

    Hutan-hutan sebagai penjaga ekosistim alam banyak ditebangi, terumbu2 karang banyak yang punah ...

    Sementara itu upaya untuk mengatasi global warming ini hanya sebatas wacana yang dilahirkan dalam konfrensi dan seminar-seminar, gak ada tindakan nyata dan kongkrit ...

    *Sok tau bang andi hue he

    Good posting ..!!!

    BalasHapus
  20. untung pada manusia gak berpengaruh ya kalau berpengaruh bisa2 terjadi poliandri he3....

    BalasHapus
  21. Tante atca bisa aja. Kalau dampak Global warming terjadi pada manusia, em... bisa gawat. Bakal banyak cowok yang djomblo karna kehabisan stok pasangan. Hehehe....

    BalasHapus
  22. Yang bener ntu (menurut dalil, cieeeeh, kek kiyayi neh..., iya, biar pas!) ntar pada akhirnya malah, satu cowok harus siap memejantani 50 cewek...., weh, berarti gak ngaruh dong global warning bagi manusia... bilief or not!

    BalasHapus
  23. dampak global warming itu nyeremin ya.. tp kl di masa depan jumlah laki2 lbh byk drpd wanita, berarti poligami akan punah diganti 'ma poliandri. Hehehe...

    BalasHapus
  24. @ Arya : he..he..bisa aja mas Arya..

    @ Gus : Yahh gimana lagi suhu...kemungkinan bisa aja lho hi..hi..

    @ Fuda : memang ada AC untuk ayam he..he..

    @ Mama Hilda : he..he..bener ma..pada mau demo menolak .... tatuttttt

    @ Mas Anton : yang aneh dan unik apanya mas?? ini bukan karangannku lhoh..hasil penelitian he..he..

    BalasHapus
  25. @ Abang : Bener banget bang...harus ada tindakan..bukan wacana aja ya..

    @Dnahdiar : Berdasarkan penelitian masih mungkin mas.

    @Fina : Bener mba Fina...he..he..

    @Babeh : gubrakkkk...

    @ke2nai : Iya mam ... hi...hi..jadi gimana ya?? gubrakk

    BalasHapus
  26. Ca, kalo terus lebih banyak pejantan, repot deh,,bisa2 nggak kebagian tugas ronda dong heheee

    BalasHapus
  27. He..he.. makasih postingannya. Saya juga posting tentang Global warming disini
    1. What is global warming
    2. Save Our Earth

    Salam. Seno.

    BalasHapus
  28. untuk manusia, dan sebagian hewan2 mungkin masih bisa dilakukan pemilihan jenis kelamin via lab. tapi klo hewan yang kecil2 gimana? bisa2 punah.

    BalasHapus
  29. posting yg serius jeng... btw ganti lagi layoutnya...

    BalasHapus
  30. mungkin karena sekarang kebanyakan wanitanya jadi global warming sebeanrnya solusi untuk keseimbangn lagi...gak nyambung...
    kakkakaka

    BalasHapus
  31. waduh, ngeri deh klo ngebayangin dunia ini semakin rusak. saya sih cuman bisa berdoa aja deh, moga dunia ini masih bisa diselamatkan...amien!

    BalasHapus
  32. @dede : he..he..mas dede bisa aja...biasanyakan ada jadwalnya....halahhh...

    @puguh : Nah kemungkinan besar ya punah..karena itu gimana caranya kita mencari solusinya ya??

    @Angsoka : penyegaran jeng..

    @suryaden : he..he..mas aku bingung nihh sumpehhhh

    @Rosa : Kita sama2 berdoa dan mencari solusi terbaik ya jeng ..supaya tidak berlarut-larut..

    BalasHapus
  33. wah... global warming kyknya udah cerita dari jaman dulu yak :D

    BalasHapus
  34. Ooo jd begitu ya mbak, wah pengaruhnya gede bgt dgn proses reproduksi, bisa brkurang drastis tuh satwa, apa lg yg masa inkubasinya lama..

    BalasHapus
  35. Bener bgt mbak, beberapa satwa mmg terpengaruh suhu utk menentukan jenis kelamin keurunannya.. Info yg sangat bagus mbak... berkunjug ke blog-ku ya :)

    BalasHapus
  36. Banyak Pejantan Kurang Petelur dan Pedaging...

    BalasHapus
  37. Banyak saingan dong.....??

    BalasHapus
  38. wah kalau sudah begini ekosistem ga balance lg ya

    BalasHapus
  39. @My Journey : Emang cerita lama mba..tapi belom ada solusinya yakk

    @Phototutor : iya mas..lama2 akan punah..

    @Putty Angelica : makasih mba putty..nanti berkunjung keblognya juga dehh

    @marsudiyanto : he..he..maksudnya gimana nehh??

    @xitalho : wahhh..ya banyak he..he..

    @zie-zie : iya mba..jadi banyak pejantannya.

    BalasHapus
  40. Aercrombie& Fitch abercrombie & fitch Chinese:Bo Ke abercrombie compare a cheap abercrombie & fitch dragon with thin abercrombie and fitch strange.Is abercrombie outlet a super abercrombie & fitch sale popular young abercrombie clothing American the discount abercrombie region ethnicity abercrombie and fitch UK dress brand, popular abercrombie and fitch outlet all over the world from theabercrombie and fitch London United States, mainly warecreational young route, the clothes texture is super good, design outstanding,


    Currently abercrombie jeans in Hollywood and the abercrombie pants Abercrombie& Fitch abercrombie tees in youth market abercrombie shorts red head half abercrombie sweaters side sky, can abercrombie outerwears be treated abercrombie hoodies as new century, the representative of youth vogue, the A& F abercrombie polos is the brand that American university student loves most currently, the elk of a head of amiability prints in place ahead, youth but vogue.

    BalasHapus