14 November 2027

Ibunda, Kenapa Kau menangis??

Dihari ibu ini aku mendapat hadiah istimewa dari orang yang menyayangiku..
Wahhh seneng banget.....sekaligus terharu...
Ingin kushare buat wanita, istri, dan ibu-ibu semua yang mampir keblogku...
Semoga berkenan...

Suatu ketika, ada seorang anak laki-laki yang bertanya kepada ibunya. "Ibu, mengapa Ibu menangis?". Ibunya menjawab, "Sebab, Ibu adalah seorang wanita, Nak". "Aku tak mengerti" kata si anak lagi. Ibunya hanya tersenyum dan memeluknya erat. "Nak, kamu memang tak akan pernah mengerti...."

Kemudian, anak itu bertanya pada ayahnya. "Ayah, mengapa Ibu menangis? Sepertinya Ibu menangis tanpa ada sebab yang jelas?" Sang ayah menjawab, "Semua wanita memang menangis tanpa ada alasan". Hanya itu jawaban yang bisa diberikan ayahnya.
Lama kemudian, si anak itu tumbuh menjadi remaja dan tetap bertanya-tanya, mengapa wanita menangis.

Pada suatu malam, ia bermimpi dan bertanya kepada Tuhan."Ya Allah, mengapa wanita mudah sekali menangis?" Dalam mimpinya, Tuhan menjawab,"Saat Kuciptakan wanita, Aku membuatnya menjadi sangat utama. Kuciptakan bahunya, agar mampu menahan seluruh beban dunia dan isinya, walaupun juga, bahu itu harus cukup nyaman dan lembut untuk menahan kepala bayi yang sedang tertidur.

Kuberikan wanita kekuatan untuk dapat melahirkan, dan mengeluarkan bayi dari rahimnya, walau seringkali pula, ia kerap berulangkali menerima cerca dari anaknya itu.

Kuberikan kekuatan, yang akan membuatnya tetap bertahan, pantang menyerah, saat semua orang sudah putus asa.

Pada wanita, Kuberikan kesabaran, untuk merawat keluarganya, walau letih, walau sakit, walau lelah, tanpa berkeluh kesah.

Kuberikan wanita, perasaan peka dan kasih sayang, untuk mencintai semua anaknya, dalam kondisi apapun, dan dalam situasi apapun. Walau, tak jarang anak-anaknya itu melukai perasaannya, melukai hatinya. Perasaan ini pula yang akan memberikan kehangatan pada bayi-bayi yang terkantuk menahan lelap. Sentuhan inilah yang akan memberikan kenyamanan saat didekap dengan lembut olehnya.

Kuberikan wanita kekuatan untuk membimbing suaminya, melalui masa-masa sulit, dan menjadi pelindung baginya. Sebab, bukankah tulang rusuklah yang melindungi setiap hati dan jantung agar tak terkoyak? Kuberikan kepadanya kebijaksanaan, dan kemampuan untuk memberikan pengertian dan menyadarkan, bahwa suami yang baik adalah yang tak pernah melukai istrinya. Walau, seringkali pula, kebijaksanaan itu akan menguji setiap kesetiaan yang diberikan kepada suami, agar tetap berdiri, sejajar, saling melengkapi, dan saling menyayangi.

Dan, akhirnya, Kuberikan ia air mata agar dapat mencurahkan perasaannya. Inilah yang khusus Kuberikan kepada wanita, agar dapat digunakan kapanpun ia inginkan. Hanya inilah kelemahan yang dimiliki wanita, walaupun sebenarnya, air mata ini adalah air mata kehidupan".


25 komentar:

  1. wahh...jadi inget ibuku hiks... sedih...

    BalasHapus
  2. mbak... selamat hari ibu.. kasih ibu sepanjang masa... oya ibunya lagi sakit apa mbak??? semoga lekas sembuh ya....

    BalasHapus
  3. Selamat hari ibu ya mbak atca, ada sebuah kata yang saya temu hari ini dalam acara seminar anti kekerasan dalam rumah tangga, bahwa masa depan dunia ada ditangan perempuan..lovely post...maaf baru berkunjung nih, biasa seharian tadi ada acara padat didarat..thanks kunjungannya ya..

    BalasHapus
  4. Selamat Hari Ibu.
    Berbahagialah bagi para sahabat yang masih memiliki Ibu.
    Sayapun beruntung, di usia 74 tahun Ibuk Saya masih diberi kesehatan, masih bisa SMS cucu2nya, masih hafal judul dan pemain sinetron, masih bisa mengikuti perkembangan infotainment. Padahal Ibukku cuman lulusan SD, tapi masih rajin baca tabloid bekas, yang saya bawakan tiap kali saya pulang kampung. Ibukku juga masih kuat masakkan kesukaan saya.
    Satu yang membuat saya sedih, tiap saya mau kembali, selalu menangis saat dipamiti.

    BalasHapus
  5. hmmmm.... mulia banget ya seorang ibu... met hari ibu.... i miss my mom...

    BalasHapus
  6. Selamat hari ibu ya.. Memang benar ya kl ibu itu mulia.. Semoga dg adanya postingan ini kita semua jadi semakin sayang sama ibu :)

    BalasHapus
  7. @ Lyla.
    Sama ma...akujuga kepikiran ibuku...

    @ My Journey.
    sama2 mba..met hari ibu juga...
    Iya ibuku lagi sakit...sekarang sedang dirawat..minta do'anya supaya cepet sembuh ya..

    @ Mama Hilda.
    Selamat hari ibu juga ma...
    Semoga postingan ini membuat para suami semakin sayang sama istri ya..

    @ Marsudiyanto
    Semoga ibu pak Mar selalu diberi kesehatan ya..
    Sama kaya ibuku pak...tiap saya pamit selalu air mata mengiringi...membuat kami sedih meninggalkannya..

    @Angsoka.
    Met hari ibu juga jeng...
    Semoga ibu selalu sehat ya...liburan ngga mudik nihhh biar kangennya sama ibu terobati..

    @ Ke2nai.
    Selamat hari ibu juga mba..
    Semoga kita semakin sayang sama ibu ya...

    BalasHapus
  8. Jadi pengen pulang kampung, tp belum waktunya pulang....:X *hiks*...

    BalasHapus
  9. selamat hari ibu..

    bagiku seorang ibu sangatlah luarbiasa belum cukup bagi kita tuk membalas jasa beliau. Dihari ibu semoga kelak khan memberikan hal-hal yang indah bagi ibu kita...


    regards

    BalasHapus
  10. Wahhh.. mama, engkau adalah penyemangat hidupku.. Walau engkau seorang wanita, tetapi engkau begitu kuat dan tabah. Wajar kalau wanita harus dikenang jasa-jasanya melalui hari ibu ini..

    BalasHapus
  11. hiks...hiks.... sedih banget yah...

    emang, kasih ibu sepanjang masa,hanya memberi tak harap kembali...

    moga lekas sembuh Ibu nya mbak...

    BalasHapus
  12. waah, bagus banget... jadi sadar, betapa berat dan mulianya seorang wanita, apa lagi seorang ibu...

    selamat hari ibu... jadi inget mamah... blum ngucapin selamat hari ibu...

    BalasHapus
  13. Berbahagialah menjadi seorang ibu, karena diberi beberapa kelebihan khusus.
    Wanita adalah tiang negara.

    Semoga mbak Atca dapat menhasilkan generasi yang berilmu dan sholeh/sholehah ya. Amiin

    BalasHapus
  14. MET HARI IBU 22 DESEMBER 2008..
    Kasih ibu tiada duanya.....

    BalasHapus
  15. waduh kalo suami gak tambah sayang harus dipelet kali ya...baru sempat nengok blog, setelah anak2 tertidur, seharian ngukur jalan, mumpung hari libur dan diluar lumayan matahari muncul, lumayan menekan udara dingin jadi agak anget.

    BalasHapus
  16. Selamat hari ibu untuk para ibu didunia yg telah berjasa ^^

    BalasHapus
  17. Ikut berdoa untuk semua ibu yang baik, semoga mendapat balasan yang jauh lebih baik dari Allah swt . . . .
    Jazakumullah khairon katsiro . . .
    Selamat Hari Ibu . . .

    BalasHapus
  18. Met sore.. Link sudah saya pasang, monggo di cek dan di link balik, hehehe... :)


    salam kenal btw :)

    BalasHapus
  19. selamat hari ibu mbak..
    walaupun agak sedikit 'iri'..kenapa tdk ada hari bapak..hehe

    BalasHapus
  20. Selamat Hari Ibu Bunda Atca, juga untuk Ibu ku yang Alhamdulillah sampai hari ini masih tetap memberikan kasih sayang beliau pada anak dan cucunya.

    BalasHapus
  21. Tangisan bunda adalah doa ....

    BalasHapus
  22. jadi kangen sama ibundaku ..... yang baru saja 'meninggalkan' kami sehari setelah lebaran 2008 kemarin ... hik (sedih).
    Ternyata pengorbanan & kasih ibunda terlihat & kebayang jelas sekarang ini ... merasa berdosa jika inget sering 'tidak berbakti' kepada ibunda ketika beliau sehat .... sungguh menyesal.. hik
    Buat yang masih punya bunda, jagalah, rawatlah, berbaktilah, senangkanlah hati beliau.

    BalasHapus
  23. tanpa wanita, lelaki bukanlah apa-apa. sangat menyentuh.

    BalasHapus
  24. Aercrombie& Fitch abercrombie & fitch Chinese:Bo Ke abercrombie compare a cheap abercrombie & fitch dragon with thin abercrombie and fitch strange.Is abercrombie outlet a super abercrombie & fitch sale popular young abercrombie clothing American the discount abercrombie region ethnicity abercrombie and fitch UK dress brand, popular abercrombie and fitch outlet all over the world from theabercrombie and fitch London United States, mainly warecreational young route, the clothes texture is super good, design outstanding,


    Currently abercrombie jeans in Hollywood and the abercrombie pants Abercrombie& Fitch abercrombie tees in youth market abercrombie shorts red head half abercrombie sweaters side sky, can abercrombie outerwears be treated abercrombie hoodies as new century, the representative of youth vogue, the A& F abercrombie polos is the brand that American university student loves most currently, the elk of a head of amiability prints in place ahead, youth but vogue.

    BalasHapus