18 November 2027

7 Keajaiban Dunia

Sekelompok siswa kelas geografi sedang mempelajari ‘Tujuh Keajaiban Dunia’.
Pada awal dari pelajaran, mereka diminta untuk membuat daftar apa yang mereka pikir merupakan ‘Tujuh Keajaiban Dunia’ saat ini. Walaupun ada beberapa ketidak sesuaian, sebagian besar daftar berisi sbb :

1] Piramida
2] Taj Mahal
3] Tembok Besar Cina
4] Menara Pisa
5] Kuil Angkor
6] Menara Eiffel
7] Kuil Parthenon

Ketika mengumpulkan daftar pilihan, sang guru memperhatikan seorang pelajar, se orang gadis yang pendiam, yang belum mengumpulkan kertas kerjanya. Jadi, sang guru bertanya kepadanya apakah dia mempunyai kesulitan dengan daftarnya.
Gadis pendiam itu menjawab, ‘Ya, sedikit. Saya tidak bisa memilih karena sangat banyaknya ‘keajaiban itu’. Sang guru berkata,’Baik, katakan pada kami apa yang kamu miliki, dan mungkin kami bisa membantu memilihnya’.
Gadis itu ragu sejenak, kemudian membaca, ‘Saya pikir, ‘Tujuh Keajaiban Dunia’ itu adalah :

1] Bisa melihat,
2] Bisa mendengar,
3] Bisa menyentuh,
4] Bisa menyayangi,
5] Bisa merasakan,
6] Bisa tertawa, dan
7] Bisa mencintai

Ruang kelas tersebut sunyi seketika. 
Alangkah mudahnya bagi kita untuk melihat pada eksploitasi manusia dan menyebutnya ‘keajaiban’. Sementara kita lihat lagi semua yang telah Tuhan karuniakan untuk kita, kita menyebutnya sebagai ‘biasa’.


Thanks for She yang sudah mengirim email ini...


Regards



88 komentar:

  1. keren mbakk.. pembelajaran

    BalasHapus
  2. mungkinkah perlu redefinisi...?
    tapi kalo keluar dari anak kecil yang sangat mengharukan ya...

    BalasHapus
  3. wah..gadis itu ternyata tidak membaca buku pelajaraan geografi. Mungkin kalau pelajaran agama baru tepat jawabannya.

    BTW.., nice posting. Kita perlu pengalaman religi, entah darimana datangnya. Mungkin di blog ini???

    BalasHapus
  4. sudah bisa comment sekarang... hiks****

    kalo Bisa melihat,Bisa mendengar,Bisa menyentuh,Bisa menyayangi,Bisa merasakan,Bisa tertawa, dan Bisa mencintai itu bukan keajaiban, tapi karunia Illahi yang nilainya tak terhingga dan kita patut bersyukur.

    justru kalo silihat dari segi itu, yang ajaib itu adalah yang matanya bisa keluar masuk, mungkin itu bisa dikatakan ajaib, huehehehehe.

    Kok Candi Borobudur udah nggak kemasuk 7 keajaiban dunia yak!!!! kaciaaan indonesia.....

    BalasHapus
  5. kalau kata-kata tersebut keluar dari kejujuran seorang anak, tidak ada kebohongan yang ditutupi..
    akhirnya dapet juga kelimaxx...hehehe..ketinggalan bis melulu selama ini

    BalasHapus
  6. Fiuh.... speechless......

    Itu emang keajaiban yg dianugrahkan Tuhan pada kita......

    BalasHapus
  7. Ya betulll aku setuju tuh... aku tambahin yah, bisa bercinta, bisa menulis, bisa bikin taman baca, dan ke kamar mandi... semua adalah keajaiban dan anugerah.

    BalasHapus
  8. menyentuh, tujuh keajaiban itu yang kadang dilupakan manusia,..

    BalasHapus
  9. kalo kayak gitu sih sebenernya lebih dari tujuh, bisa bernapas, bisa ngedip, bisa ngunyah, bisa buang air, dll. Coba bayangin kalo gak bisa kayak gitu..

    BalasHapus
  10. bisa berbicara, bisa bernafas, dan saat kita masih bisa bangun lagi di pagi hari merupakan anugerah yang tidak terkira...

    Sekarang candi borobudur sudah nggak masuk keajaiban dunia ya?

    BalasHapus
  11. wah kalo ciais gag masuk dalam tujuh keajaiban yah mba, wah keajaiban yang di bawah itu yang aku suka mba

    BalasHapus
  12. Setuju saja ah...
    Kok,...ngena banget tu kata2 anak kecil???

    BalasHapus
  13. hah...dikit sech, tapi daleeeem

    BalasHapus
  14. benar juga ya..?? tanpa semua itu kita ngga bisa apa - apa..

    BalasHapus
  15. Luar biasa. Menyadarkan kita semua. Kita sering kagum pada hasil karya otak dan kecerdasaran otak tetapi lupa Sang Pencipta otak cerdas

    BalasHapus
  16. thk renungannya...inspiratif...lam kenal ya...

    BalasHapus
  17. TFS mbak Atca ... dalemmmmm banget
    bunda jadi terharu...hiks

    BalasHapus
  18. Ya kita sering melupakan keajaiban karunia Allah yg dibrikan pada kita dan klo' ebtanas jawaban gadis itu tetep salah yach...hmmmm

    BalasHapus
  19. sampai merinding aku membacanya mbak..
    kadang kita lupa dengan apa yang di anugrahkanNYA untuk kita..
    namun saat kita takut dan tersudut, hanya kepadaNYA kita berlari..
    dan dengan menyebut namaNYA kita akan merasa tenang..

    BalasHapus
  20. mantaabb,,,yang kayak gini neh yg T.O.P B.G.T...

    Cemerlang,Menyentuh..

    ada satu pertanyaan neh,,kok MONAS gak termasuk ya?? hahaha..Intermezo

    itulah kenikmatan yg di berikan sang KHALIK kepada kita,tiada ujung batas..
    Maha Suci Allah..

    Keep Share..

    BalasHapus
  21. mantap postingannya jeg.. kita sering menomor duakan apa yang telah diberikan Nya pada kita

    BalasHapus
  22. ceritanya menyentuh sekali mbak
    btw she yg ngirim she pontianak ?
    mirip nama temen saya :p

    BalasHapus
  23. Setuju banget mb ma jawabannya si gadis pendiam itu. Mmg benar klo 7 keajaiban itu adalh sesuatu yg sudah diberikan tuhan kepada kita. Bisa melihat,mendengar,menyentuh, menyayangi, merasakan, tertawa, dan mencintai. Itulah keajaiban tg dimiliki oleh kita.

    BalasHapus
  24. yang dibawah lebih keren keajaibannya :)

    BalasHapus
  25. beuuuuuh aku mo diet dulu akh....

    BalasHapus
  26. memang begitulah, terkadang sering dilupakan keajaiban ciptaan Tuhan yang sudah melekat pada diri kita, dan bahkan nikmat2 kesempurnaan yang tidak kita ketahui dalam diri kita. sangat2 banyak dan membikin takjub, kalo boleh saya menambahkan keajaiban jantung yang berdetak yang tidak usah kita perintahkan untuk berdetak, keajaiban tarik nafas yang terkadang tidak kita sadari, keajaiban gerakan usus yang tidak terasa dalam mengolah penyerapan makanan dan masih banyak keajaiban2 lainnya.
    ttd,
    Duniamaya98

    BalasHapus
  27. saya melihat 'cara menginspirasi yang berbeda' dari tulisan ini. saya musti mengusulkan tulisan2 inspirasi disini dimasukkan sebagai "keajaiban dunia' yang ke delapan...

    BalasHapus
  28. sepertinya kemaren udah komen deh... kok nggak masuk asyem tenan ki...
    aku sendiri sampe sekarang lihat air itu aja masih ajaib... kok bisa ya ada benda itu...

    BalasHapus
  29. very touching... nice post Jeng...!!! :)

    BalasHapus
  30. Hamba Alloh...ini..!Mengapa sedari dulu yang namanya Rumah Alloh S.W.T "KA"BAH" tak pernah dianggap sebagai salah satu dari jutaan keajaiban dunia,yang sudah Ribuan Tahun adanya...Masya Alloh....

    BalasHapus
  31. trully..deeply mbak, bener2 tujuh keajaiban yg sebenar2nya:)

    BalasHapus
  32. pemilik blog ini juga salah satu keajaiban tuhan :)

    BalasHapus
  33. Luarbiasa postingannya...
    penulis telah membuka mata melihat dan mata hati pembaca....salut

    BalasHapus
  34. Jarang kita menemukan gadis yang jujur dan berani mengatakan yang sebenarnya dan punya prinsip sepertigadis kecil dikelas tersebut

    BalasHapus
  35. thanks posting yg bagus jeng... makasih dah berbagi....

    BalasHapus
  36. .......... ( ngikut diem sejenak )

    luar biasa tu bocah. pasti pak gurunya ikut tersipu malu..

    jawaban yang bagus Two Thumb up ! jempol duaaa

    eh mbak2.. poto anakmu di pajang dong dong dong.
    pengen cubit bocah kcil nih wekekekekek

    BalasHapus
  37. emang suatu yang bisa engk terlalu dipikirkan pada hal itu juga merupakan keajaiban hehe...

    OOT

    Ada Award untukmu diambil ya...

    BalasHapus
  38. Klo yang di sebutkan anak itu, adalah karunia Illahi yang harus selalu di syukuri...

    BalasHapus
  39. kok "sigadis ragu lagi sebentar dan kemudian melanjutkannya" ga ada ? Itu antara poin 4 dan 5

    BalasHapus
  40. mbak jadi inget pribahasa rumput tetangga selalu lebih hijau..lo ada hubungannya nggak ? dipaksain

    inspiration story..bravo !!

    BalasHapus
  41. Semoga kalau ulangan, si anak tadi tidak njawab begitu...

    BalasHapus
  42. hmm.. sebuah penghayatan yang buat kita bersyukur atas apa yang telah diberikan Ole Allah, amiien

    BalasHapus
  43. HENING ...abang membacanya ...
    Maaf baru menjenguk, abang baru pulang dari Bandung ... semoga sehat aja yach ...

    BalasHapus
  44. hebat ya, gadis itu...? (*hebat ga si?*)koq pada diem...

    BalasHapus
  45. very inspiring story..
    emang gitu tuh mbak..kadang2 yg kita rasa udah biasa..kita ngga anggap..

    eh, mbak di blog ini ada 14 bintang ya..pernah di itung ngga jumlah bintangnya..

    BalasHapus
  46. mbak..adiknya mas budi boleh komen kan..
    itu mas budi..sempet2nya itung jumlah bintang di blog ini ya mbak..iseng amat tuh orang..

    BalasHapus
  47. Apalagi kalau kita mencoba menghitung sudah berapa kali jantung kita berdenyut ya mbak...
    Tambah takjub kita.

    BalasHapus
  48. wah....asiknya punya tmen yg masih mau memberi kita pencerahan....keajaiban seperti biasa saja bagi kita bila tak merenunginya,
    kirim email ke awan_clickerz@hotmail.com
    klo ada artikel yg bagus n' inspiratif
    *Halah*
    thanks

    wassalam

    Yup !

    BalasHapus
  49. Waduuu..... koq postingnya banyak yang comment yach? Gimana sich caranya?

    BalasHapus
  50. MOHON MAAF sebelumnya..
    Cuman mau kasih info tentang cara baru isi ulang pulsa hp yang jauh LEBIH PRAKTIS (so qt ngga repot2 lagi datang ke counter pulsa)

    ..EN THEN..
    HARGA JAUH LEBIH MURAH (dibandingkan yang dijual di counter)

    ..PLUS..
    Bonus Pulsa Gratis Rp. 25.000/ setiap hari lho...

    info lebih lengkap dapat dilihat di :
    HTTP://WWW.PRIMAMITRA.BLOGSPOT.COM

    BalasHapus
  51. it's touching...dalem banget

    BalasHapus
  52. wah iya ya mbak. Manusia emang suka lupa... :)

    BalasHapus
  53. yah 7 keajaiban yg diberikan Tuhan untuk umatnya adalah yang paling harus kita syukuri.

    BalasHapus
  54. setuju sekali. itu adalah keajaiban yg dianugerahi Tuhan.

    BalasHapus
  55. So sweet... dalem banget Mbak :)

    BalasHapus
  56. ya itu keajaiban yang sering kita abaikan ya? kita bisa melihat dunia luar, padahal keajaiban yang ada dalam diri sendiri adalah keajaiban Tuhan.
    amazing

    BalasHapus
  57. hehehe itu memang 7 keajaiban yang sering tidak kita perhatikan.

    BalasHapus
  58. Iya,,, kita emang sering gak sadar atas apa keajaiban2 tuhan yang telah di titipkan oleh tuhan....
    makasih udah posting ini mba....

    BalasHapus
  59. hmmm..ada-ada aja...he..he..

    BalasHapus
  60. Mungkin lain kali pertanyaannya harus lebih detail juga ya, Sebutkan tujuh keajaiban dunia yang berupa bangunan secara fisik...naaah jawabannya 7 yang di atas. Tp krn pertanyaan kurang spesifik, jawaban 7 yang dibawah benar juga dong, itu hal luar biasa yang kita terima dari sang Maha Pencipta.

    BalasHapus
  61. tulisan yg beda banget tentang keajaiban dunia yg selama ini kudengar. thanks for sharing:)

    BalasHapus
  62. MOHON MAAF sebelumnya, ..

    cuman sekedar berbagi info mengenai CARA BARU ISI ULANG PULSA HP ANDA DAN KELUARGA

    LEBIH PRAKTIS ( tidak perlu repot2 lagi datang ke counter pulsa)
    LEBIH MURAH ( bila dibandingkan dengan harga jual pulsa di counter)
    GRATIS PULSA Rp.25.000.- SETIAP HARI

    info lengkap ada di HTTP://WWW.PRIMAMITRA.BLOGSPOT.COM

    BalasHapus
  63. begitulah manusia, diberi hati minta jantung, gak pernah puas dengan apa yang ada, malah menganggap kurang dan kurang terus.

    BalasHapus
  64. itu baru yang bisa dihitung,padahal karunia yang ada pada diri kita aja,kita tidak mungkin bisa menghitungnya,oleh karena itu kita harus pandai2 utk mensyukuri nikmat tersebut,jangan dijadikan utk maksiat.

    numpang nampang blog aku yaa
    http://www.om-teguh.com,isinya tentang health your baby

    BalasHapus
  65. ikutan coment ah...

    enaknya coment apa ya??jadi bingung nih...

    Koq jadi laper ya,mungkin karena kebanyakan mikir nih.untung kepala q gak jadi botak he..he..

    maem dulu ah biar kenyang...(ngacir pergi gak jadi coment he..he..)

    BalasHapus
  66. kok borobudur kagak masuk...
    prambanan juga...
    knapa...???

    BalasHapus
  67. memang bener2 ajaib...
    Subhanallah.

    BalasHapus
  68. amazing..
    benar2 enlightment..
    makasih sharingnya mbak

    BalasHapus
  69. Indah sekali hati gadis kecil itu, bisa melihat suatu keajaiban yg tak terlihat oleh yang lain.
    Salam kenal mbak...

    BalasHapus
  70. Subhanallah... jangan berhenti bersyukur atas Nikmat Allah buat kita ya.

    BalasHapus
  71. itulah manusia hanya melihat dari mata tak melihat akan indahnya hidup sebagai manusia

    BalasHapus
  72. pesan yang sederhana namun penyampaiannya yang luar biasa, nice post

    BalasHapus
  73. Keajaiban ke delapan, showerku dah bisa mengeluarkan air lagi...*gubrak..dilempar monitor jeng Atca, karena topiknya dah berubah* ;)

    BalasHapus
  74. yang kirim email itu she??? sheapa ya mbak (baca:siapa) hehee

    BalasHapus
  75. wah asyik nih....aku juga punya tuh dari ke 7 keajaiban dunia itu.

    BalasHapus
  76. Good article. Inspirasi yang uniq dan menggetarkan. Salam. Abine Azka.

    BalasHapus
  77. itu adalah keajaiban Dunia yang sesungguhnya...

    BalasHapus
  78. tapi perlu di ingat kita pergunakan tujuh keajaiban yang ada pada kita di gunakan di jalan yang benar....! makasih banyak info nya

    BalasHapus
  79. Hmmm.. kita perlu introspeksi diri..

    BalasHapus
  80. Aercrombie& Fitch abercrombie & fitch Chinese:Bo Ke abercrombie compare a cheap abercrombie & fitch dragon with thin abercrombie and fitch strange.Is abercrombie outlet a super abercrombie & fitch sale popular young abercrombie clothing American the discount abercrombie region ethnicity abercrombie and fitch UK dress brand, popular abercrombie and fitch outlet all over the world from theabercrombie and fitch London United States, mainly warecreational young route, the clothes texture is super good, design outstanding,


    Currently abercrombie jeans in Hollywood and the abercrombie pants Abercrombie& Fitch abercrombie tees in youth market abercrombie shorts red head half abercrombie sweaters side sky, can abercrombie outerwears be treated abercrombie hoodies as new century, the representative of youth vogue, the A& F abercrombie polos is the brand that American university student loves most currently, the elk of a head of amiability prints in place ahead, youth but vogue.

    BalasHapus
  81. Bike Attachments : What youre saying is completely true. I know that everybody must say the same thing, but I just think that you put it in a way that everyone can understand. I also love the images you put in here. They fit so well with what youre trying to say. Im sure youll reach so many people with what youve got to say. Diamond Blizz

    Kind Regard

    Juns

    Best to Download

    BalasHapus