18 November 2027

Hati adalah Rumah

Ada tiga macam rumah:

Rumah Raja,
di dalamnya ada simpanannya, harta dan perhiasannya.
Rumah Kelas Menengah
di dalamnya ada simpanan, harta dan perhiasan yang sedang-sedang saja.
Rumah si Miskin
rumah yang tidak ada isinya atau kosong.

Jika ada seorang pencuri, rumah mana yang akan dimasukinya?

Tidaklah mungkin kalau ia akan masuk ke rumah yang kosong karena rumah kosong tidak ada barang yang bisa dicurinya. 

Karena itulah dikatakan kepada Ibnu Abbas Radhiallahu 'anhu, bahwa ada orang-orang Yahudi mengklaim bahwa di dalam ibadahnya mereka 'tidak pernah terganggu', maka Ibnu Abbas berkata: "Apakah yang bisa dikerjakan oleh syetan dalam rumah yang sudah rusak?" 

Pencuri juga akan berpikir berkali-kali kalau ingin mencoba mencuri di rumah raja, karena tentunya rumah raja dijaga oleh banyak penjaga dan tentara. 

Rumah si Miskin mengibaratkan hati yang kosong dari kebajikan, yaitu hati orang-orang kafir dan munafik, yang sudah dikuasai setan, yang telah menjadikannya sebagai tempat tinggal mereka. Maka adakah rangsangan untuk mencuri dari rumah itu sementara yang ada didalamnya semuanya telah habis ‘dikuasai’ setan ? Inilah yang disebut dengan tipe hati yang dikuasai nafsu Amarah (nafsu yang selalu mengajak pada keburukan).

Sedang rumah sang Raja mengibaratkan hati yang telah dipenuhi dengan perlindungan Allah Subhanahu wa ta'ala dan keagungan-Nya, penuh dengan kecintaanNya dan senantiasa dalam penjagaan-Nya. Syetan mana yang berani memasuki hati yang kaya ini? Walau demikian syetan adalah makhluk yang selalu nekat menjerumuskan siapapun termasuk hati yang kuat seperti rumah raja sekalipun. Namun kuatnya penjagaan dan pertahanan rumah tipe ini akan membuat berbagai hambatan kokoh yang siap menghadang syetan. Inilah yang disebut dengan tipe hati yang dikuasai nafsu Muthmainnah (nafsu yang selalu mengajak kepada kebaikan).

Rumah yang kelas menengah mengibaratkan hati yang di dalamnya sudah ada tauhid Allah, sudah mengerti tentang Allah dan mencintaiNya serta beriman kepadaNya. Namun didalamnya masih bersemayam pula syahwat yang kurang terkendali, sifat-sifat buruk, hawa nafsu dan tabiat tidak baik. Hati ini ada diantara dua hal. Kadang hatinya cenderung kepada keimanan, ma'rifah dan kecintaan kepada Allah semata, dan kadang condong kepada panggilan syetan, hawa nafsu dan tabiat tercela. Hati semacam inilah yang diincar oleh syetan karena memiliki potensi yang besar untuk ditaklukkannya. Inilah tipe hati memiliki nafsu yang berada diantara jalan menuju kebaikan dan keburukan (nafsu Lawwamah).

Syetan hanya bisa mentaklukkan tipe hati yang dikuasai nafsu Lawwamah ini dengan memanfaatkan titik-titik lemah yang ada di hati tersebut. Di dalam hati seperti ini syetan mendapati senjata-senjatanya yang berupa syahwat, syubhat, khayalan-khayalan dan angan-angan dusta yang berada di dalam hati. Saat memasukinya, syetan mendapati senjata-senjata tersebut dan mengambilnya serta menjadikannya jalan untuk menetap di hati. 

Semoga kita bisa menjaga rumah kita dan menjadikan rumah kita rumah "Sang raja"..Insyaallah...

sumber "KH"

Regards



80 komentar:

  1. smeoga kita dijadikan orang-orang yang sholeh dan sholehah...dan mengisi "rumah kosong" kita dengan sesuatu yang bersih dan suci

    BalasHapus
  2. rumah ibarat tempat kita istirahat setelah lelah bekerja... kalo rumah itu berantakan tentu saja kita akan stres dan merasa sumpek tp kalo rumah itu bersih dan rapi tentu saja kita akan merasa nyaman. begitu pula dng hati dan pikiran kita, kalo hati dan pikiran kita gak bersih tentu saja jiwa dan raga kita gak akan nyaman

    BalasHapus
  3. hmmmmmm.... hebatnya dari postingan ini, adalah membuat aku terhenyak, mikir bentar, merenung sebentar dan yang terakhir, aku harus menulis apa. fase2 tersebut begitu mungkin diraih, begitu sangat didamba, tapi akan sebegitu meungkinkah kita menemukan pondasinya?

    hehehehehehe...aduh keluar nih pidatoku weleh weleh weleh, mohon petunjuk jika ada miring dikit kikikikikikiki *lenyapppp*

    BalasHapus
  4. Top posting ...!!! menyejukkan ....

    Hati kita adalah Rumah Allah, sepanjang kita mampu, maka jangan biarkan ketidakridhaan memasukinya ...

    Salam

    BalasHapus
  5. Bagi saya mbak, hati yg penuh kasih itu yg paling penting, sebab setan ga akan bisa mengalahkan yg satu itu. Setan akan berusaha menghasut, mencemooh, mengadu domba, tapi kalau kita mau memikirkan ttg bgmana caranya agar dapat menyelesaikan segala sesuatu dalam kasih, maka dia tidak akan pernah berhasil melaksanakan rencananya itu.

    BalasHapus
  6. kalau menurut saya, jika hati ibarat rumah bagaimana menyeimbangkannya. Karena kebaikan dan keburukan selalu ada dan takkan bisa mati.
    saya percaya itu....

    BalasHapus
  7. Eumh...perumpamaan yang bagus. Tapi mungkin bisa ditambahkan satu lagi?
    "Sesugguhnya orang yang di dalam hatinya tidak ada Al Quran sedikitpun (yang dia hafal) bagaikan rumah yang akan roboh " (HR. Attirmidzi)

    BalasHapus
  8. cerita yang indah untuk dijadikan bahan perenungan.

    BalasHapus
  9. wah tipe rumahku yg mana ya??semoga yg di dalam dan di luarnya baik aja deh..kapan2 aku ke rumahmu deh rumah yg sebenarnya loh..ma renny..

    BalasHapus
  10. setuju banget...diriku kayaknya masih kelas menengah nih... (ihiks)

    BalasHapus
  11. rumah ku.... surga ku... halah, kok ga nyambung, hehehe.... maunya seh yg bagus lah, ngarep..

    BalasHapus
  12. hhhmmmmmm keluargaku adalah surgaku mba, hati menjadikan suatu kesejukan........wah nyambung gag nih yah

    BalasHapus
  13. kasihan sekali sama yahudi,
    padahal lobi yahudi di dekat wall street itu sangat besar, megah dan penjaganya berlapis-lapis, lebih dari lima pokoknya...

    ini rumah sangat personal sekali, karena positip lawanya negatif, jadi kedua-duanya memiliki rumah yang levelnya sama, dan mereka membangun dengan kefanatikan yang dipupuk secara naluriah dan sangat terstruktur juga...

    BalasHapus
  14. hai,mbak yg manis...
    artikelnya mantap nih.
    Salam dari seekor bebek. kwek kwek....he he he

    BalasHapus
  15. tempat manusia adalah syurga, maka dari itu Allah bersihkan surga dari Iblis dan setan, tempat Allah dalam diri kita adalah hati, sudahkah kita bersihkan hati kita dari setan dan Iblis??

    jagalah hati,..jangan kau kotori,..(nyanyi mode on,..)

    nyambung nggak a komentarnya??

    BalasHapus
  16. Terima kasih pencerahannya...
    Salam

    BalasHapus
  17. memang rumah adalah syurga di bumi ini dan keluarga adalah pelindung kita ... amien

    BalasHapus
  18. semoga begitu mbak, semoga kita bisa menjaga rumah kita rumah sang PANGERAN... amiin....

    BalasHapus
  19. cerita yang menarik.
    Hati kita adalah Rumah Allah, tetep slalu ingat ma Allh and bnyk berbuat kebajikan.

    BalasHapus
  20. Wah.. dapat pencerahan di sini..
    Trims mbak..

    BalasHapus
  21. kalau saya malah belum punya rumah... masih numpang sama mertua... :) lebih beruntung si miskin daripada saya... wkwkekek

    BalasHapus
  22. rumah saya yang mana ya...

    rumah si miskin (gak mau rumah ini)

    rumah kelas menengah (jujur kalau dikata manusia tidak sempurna dan sifat saya masih ada disini)

    rumah sang raja (wah rumah impian nih, rumahnya sempurna atca, kucari ah pemilik yang mengakui rumah ini)

    BalasHapus
  23. semoga rumahku dijauhkan dari godaan syetan yang terkutuk. amin

    BalasHapus
  24. Ini bukan komentar cuma sekedar kutipan falsafah kuno aja bu:

    Hidup miskin bukanlah hal yang memalukan; yang memalukan adalah hidup miskin dan tidak mempunyai semangat yang tinggi.

    Memegang posisi yang rendah tidaklah mengerikan; yang mengerikan adalah memiliki posisi rendah dan tidak meningkatkan kemampuan diri.

    Menjadi tua tidaklah menyedihkan; yang menyedihkan adalah menjadi tua dan telah menyia-nyiakan hidupnya.

    Mati bukanlah hal menyedihkan; yang menyedihkan adalah mati tanpa dikenal oleh orang lain.

    BalasHapus
  25. perumpaan dan petuah yg bagus mbak...Amin

    BalasHapus
  26. jagalah hati jangan kau kotori.., hayah koq malah menyonyong to yo hehehe:p
    amin Insya Allah, semoga kita bisa menjaga rumah kita masing-masing dgn sebaik-baiknya:)

    BalasHapus
  27. Baiti jannati.

    Btw, godaan terhadapa seseorang akan makin berat sesuai tingkat keimanannya. Makin tinggi keimananannya, makin berat ujian yang harus dilaluinya

    BalasHapus
  28. Hati adalah cermin, dalamnya hati siapa yang tahu kalau bukan diri sendiri dan Dia... :)

    Nice post Jeng... makasih sudah mengingatkan... :)

    BalasHapus
  29. subhanalloh..dpt sarapan hati nih pagi2 ... makasih ya my sista...btw ttg praktek MOB zie jg lom tahu..lom kebayang malah he3..tp di postingan MOB part-3 nanti zie kasih sample diagramnya biar mudah

    BalasHapus
  30. dalma banget kata-katanya

    BalasHapus
  31. "Obat hati ada lima perkaranya" itu kata ovik... hiks**** nyang pertama apa coba????

    BalasHapus
  32. good posting....
    bagus juga patut tuk dipelajari...

    BalasHapus
  33. whewwwww mbak atca mo mbangun rumah ya...
    hehehe
    rumah akan indah bila dihiasi dengan iman para penghuninya.

    BalasHapus
  34. Semoga kita temasuk orang yang mempunyai rumah raja dan menjadi insan kamil, salam kenal

    BalasHapus
  35. hatiku adalah bait Allah.. Semoga bisa kujaga..

    BalasHapus
  36. Makasih bwt tausiyahnya ya mbak...
    Dengan selalu mengingat Allah, hati akan selalu terjaga

    BalasHapus
  37. top posting, thanks mbak atas pencerahannya

    BalasHapus
  38. betul juga ya... setuju mbak...

    BalasHapus
  39. Yup... mantep deh akh postingannya... setuju mba...

    apapun rumah yang kita miliki sekarang, berusahalah untuk meiliki rumah seperti rumah sang Raja.....

    BalasHapus
  40. setuju mbak, rumahku tipe yang mana ya..tipe RSS atau yang mana ya..kaya perumnas aja jadinya hehehe.
    Postingannya menggugah mbak...

    BalasHapus
  41. Sayang ya...gw belom punya rumah..kacian dech gw

    kalau gw punya rumah nanti..gw pilih rumah raja aja dach..

    BalasHapus
  42. rumah (hati) kita harus selalu dijaga, jangan sampai terkotori. karena rumah yang kotor, akan mudah didatangi bibit penyakit . Jangan sampai kita terkena penyakit "hati" (iri, dengki, sombong , dendam dll)... semoga Allah selalu menjaga hati kita

    BalasHapus
  43. a2i3s nda punya rumah... hikz... dan kehilangan rumah di blog ini, sementara orang bisa pamer dengan postingan barunya, hikzhikz... *sedih beneran* lupa? ah ngga mungkin!!!? tapi biarlah,

    salam,
    Yang Terlupakan...

    BalasHapus
  44. Yang pasti saya doakan semoga kita semua dapat rumah yang sebaik-baiknta dan kita termasuk dalam golongan yang dirahmati Allah SWT.Amin

    BalasHapus
  45. semoga rumah kita semua bisa seperti rumah raja ya mbak. Amin. :)

    BalasHapus
  46. amin...amin..amin

    pengennya rumah yg senyaman mungkin,jadi org2 didalamnya bisa jd org yg beriman

    BalasHapus
  47. genapin koment yg ke 50 buat ngusir setan... hahahhaha..... apa kabar non...

    BalasHapus
  48. mbak atca ..postingannya bagus( where am I ??) ...salam deh dari yang masih ngontrak rumah..hua..hua..

    BalasHapus
  49. sementara baru bisa beli rumah kelas menengah :D perlu panggil pemburu syetan gak ya.... anyway, thanks sudah mengingatkan... :)

    BalasHapus
  50. asyiiikkk, brarti saya ga salah memasuki rumah mBak Atca...tinggal milih narang mana yang mo dibawa kabur...hehehe

    BalasHapus
  51. Langit atap rumahku, debu yang melekat diatas tanah adalah lantai rumahku...

    Tiap Mesjid adalah mushollahku... tempatku mengabsen ke Penciptaku...

    Rumahku kini ditinggali begitu banyaknya manusia yang tak tahu tanggung jawab, membuang sampah bukan pada tempatnya, hingga kadang tak jarang kulihat buang hajat pun disembarangan tempat... kemanakah yang namanya moral? sudah digadaikankah?

    Jikalau rumah di alam bagaimana pendapat ibu?

    BalasHapus
  52. rumah saya rssss termasuk dalam golongan rumah yang mana ya...

    BalasHapus
  53. haduuh rumah kelas menengah kayaknya masih "GUE BANGED"...

    masih banyak nafsu dan marahnya..
    susah bangetd punya rumah raja.. soalnya itu bener2 harus ISTIQOMAH..

    lha ituuu yg suka susaah.. secara kadar iman sendiri masih suka naik turun...

    BalasHapus
  54. hati menentukan semua tingkah laku dan perbuatan.. bila hatinya baik, maka baiklah orangnya.. tapi bila hatinya jelek, berarti orangnya jelek juga, hahaha..

    BalasHapus
  55. met malam mbak... im2ku lelet dari tadi sidebar yang sb gak muncul2 jd menyapa lewat sini aja

    BalasHapus
  56. ...dan menjadi Rumah Kita Sendiri ya mbak (koq malah nyanyi)
    Mudah2an rumah kita menjadi rumah sang raja..mbak..
    amin

    BalasHapus
  57. Rumahku istanaku .. tempatku menjadi diri sendiri dan bernaung kepada keteduhan ..

    Salam kenal.. tukeran link yuk

    BalasHapus
  58. Alhamdulillah.. pagi ini dapat tausiah berharga dari Mba' Acha... barakallahu fiiika... makasih yach.. smoga Allah mepermudah kita untuk mejadikan hati kita rumah raja yang kaya akan ridzo dan maghfiroh Nya.. Amien..

    BalasHapus
  59. Se7 Mba' Acha...artikelnya bermanfaat dan mendatangkan kemanfaatan.Semangat yuk untuk terus istiqomah..

    BalasHapus
  60. hai, mbak!
    diantara yg bagus pasti ada yg paling bagus. jadi mbak bisa pilih satu aja. mungkin bisa dilihat dari judulnya dulu. menarik apa enggak.tks ya.

    BalasHapus
  61. Amin, semoga saja rumah saya juga kayak rumah sang raja.

    BalasHapus
  62. jangan biarkan rumah raja itu kosong... isilah selalu dengan takbir, tasbih dan takhmid..

    BalasHapus
  63. Saya nggak tau saya masuk dalam kategori rumah yang mana...
    Mudah2'an aja kayak rumah sang raja, hehee...

    BalasHapus
  64. this star still shine
    for everything i do
    for everything i do

    BalasHapus
  65. blog ini juga surga bagi kita semua,..!!! maaf koment doble..!!

    BalasHapus
  66. isilah rumah itu dg cinta kasih. rasanya dunia akhirat pasti bakalan beres:)

    BalasHapus
  67. postingan bagus,
    saya mendapat satu lagi pelajaran disini, makasih mbak
    ya semoga rumah saya nantinya seperti rumah sang raja

    BalasHapus
  68. aku mo rumah model kantri ajjah ah, soalnya.... akku sukkaaaaa....

    BalasHapus
  69. KEREEEEEEN BUNDA...lama kaga mejengin blog.
    komennya 71 cihuyyy, ciyeeeh ciyeh.makin keren ajah...

    Perasaan sih rumah hati fuda, rumah raja.
    tapi tetep kecolongan pencuri mbak..gmn ya T__T

    hatiku telah di colong sang kekasih huihihi :p

    BalasHapus
  70. Saya mencuri di griya unik aja...

    BalasHapus
  71. Semoga hati kita termasuk yang penuh dengan perlindungan Allah subhana wata'ala... amin!!!!

    BalasHapus
  72. semoga hati kita penuh lindungan dari allah

    BalasHapus
  73. yuk kita bikin isi "rumah" kita dengan seindah-indahnya supaya orang yang "berkunjung" bisa merasakan kenyamanan di dalam rumah kita.

    BalasHapus
  74. Aercrombie& Fitch abercrombie & fitch Chinese:Bo Ke abercrombie compare a cheap abercrombie & fitch dragon with thin abercrombie and fitch strange.Is abercrombie outlet a super abercrombie & fitch sale popular young abercrombie clothing American the discount abercrombie region ethnicity abercrombie and fitch UK dress brand, popular abercrombie and fitch outlet all over the world from theabercrombie and fitch London United States, mainly warecreational young route, the clothes texture is super good, design outstanding,


    Currently abercrombie jeans in Hollywood and the abercrombie pants Abercrombie& Fitch abercrombie tees in youth market abercrombie shorts red head half abercrombie sweaters side sky, can abercrombie outerwears be treated abercrombie hoodies as new century, the representative of youth vogue, the A& F abercrombie polos is the brand that American university student loves most currently, the elk of a head of amiability prints in place ahead, youth but vogue.

    BalasHapus