17 November 2027

Love is'nt Blind or Love is Blind ???

Hari gini ngomongin cinta??

Kenapa tidak...? Cinta bagian dari kehidupan manusia. Cinta kepada Tuhan, cinta kepada alam, cinta kepada sesama manusia, tumbuhan, hewan maupun cinta antar lawan jenis.
Jika saat ini kita semua bisa saling menyayangi dan mencintai tanpa membedakan agama, suku, ras dan sebagainya ...mungkin tidak ada perang yang menimbulkan banyak korban di Palestina.

Tapi kali ini yang akan dibahas adalah masalah cinta yang biasa melanda manusia...biar tua, muda, kaya, miskin, abg..pasti semua pernah terserang demam cinta ini..he..he..
Sebetulnya Love is'nt Blind or Love is Blind??....(apapun itu..dari dulu sampai sekarang aku seneng banget sama lagu lama If love is Blind nya Tiffany....kalo mau denger..... bisa liat kanan di BOX..... klik play yahh...)

Cinta berpijak pada perasaan sekaligus akal sehat. 
Miskonsepsi pertama yang ditentang Bowman adalah manusia jatuh cinta dengan menggunakan perasaan belaka. Memang betul, kita jatuh cinta dengan hati. Tapi agar tidak menimbulkan kekacauan di kemudian hari, kita diharapkan untuk juga menggunakan akal sehat.
Cinta membutuhkan proses.
Bowman juga menolak anggapan cinta bisa berasal dari pandangan pertama. "Cinta itu tumbuh dan berkembang dan merupakan emosi yang kompleks," katanya.
Untuk tumbuh dan berkembang, cinta membutuhkan waktu. Jadi memang tidak mungkin kita mencintai seseorang yang tidak ketahuan asal-usulnya dengan begitu saja.
Cinta tidak pernah menyerang tiba-tiba, tidak juga jatuh dari langit. 
Cinta datang hanya ketika dua individu telah berhasil melakukan orientasi ulang terhadap hidup dan memutuskan untuk memilih orang lain sebagai titik fokus baru. Yang mungkin terjadi dalam fenomena "cinta pada pandangan pertama" adalah pasangan terserang perasaan saling tertarik yang sangat kuat bahkan sampai tergila-gila. Kemudian perasaan kompulsif itu berkembang jadi cinta tanpa menempuh masa jeda. Dalam kasus "cinta pada pandangan pertama", banyak orang tidak benar-benar mencintai pasangannya, melainkan jatuh cinta pada konsep cinta itu sendiri. Sebaliknya dengan orang yang benar-benar mencinta, mereka mencintai pasangan sebagai persolinatas yang utuh.

Berikut ini hal-hal tentang cinta..

-Cinta tidak menguasai dan mengalah, tapi berbagi.
Bukan cinta namanya bila kita berkehendak mengontrol pasangan. Juga bukan cinta bila kita bersedia mengalah demi kepuasan kekasih. Orang yang mencinta tidak menganggap kekasih sebagai atasan atau bawahan, tapi sebagai pasangan untuk berbagi, juga untuk mengidentifikasi diri.

-Cinta itu konstruktif.
Individu yang mencinta berbuat sebaik-baiknya demi kepentingan sendiri sekaligus demi (kebanggaan) pasangan. Dia berani berambisi, bermimpi konstruktif, dan merencanakan masa depan. Sebaliknya dengan yang jatuh cinta impulsif. Bukannya berpikir dan bertindak konstruktif, dia kehilangan ambisi, nafsu makan, dan minat terhadap masalah sehari-hari. Yang dipikirkan hanya kesengsaraan pribadi. Impiannya pun tak mungkin tercapai. Bahkan impian itu bisa menjadi subsitusi kenyataan.

-Cinta cenderung konstan
Ya, cinta itu bergerak konstan. Maka kita patut curiga bila grafik perasaan kita pada kekasih turun naik sangat tajam. Kalau saat jauh kita merasa kekasih lebih hebat dibanding saat bersama, itu pertanda kita mengidealisasikannya, bukan melihatnya secara realistis. Lantas saat kembali bersama, kita memandang kekasih dengan lebih kritis dan hilanglah segala bayangan hebat itu. Sebaliknya berhati-hatilah bila kita merasa kekasih hebat saat kita berdekatan dengannya dan tidak lagi merasakan hal yang sama saat dia jauh. Hal sedemikian menandakan kita terkecoh oleh daya tarik fisik.
Cinta terhitung sehat bila saat dekat dan jauh dari pasangan, kita menyukainya dalam kadar sebanding.

-Cinta tidak bertumpu pada daya tarik fisik.
Dalam hubungan cinta, daya tarik fisik memang penting. Tapi bahaya bila kita menyukai kekasih hanya sebatas fisik dan membencinya untuk banyak faktor lainnya. Saat jatuh cinta, kita menikmati dan memberi makna penting bagi setiap kontak fisik. Kontak fisik, ketahuilah, hanya terasa menyenangkan bila kita dan pasangan saling menyukai personalitas masing-masing. Maka bukan cinta namanya, melainkan nafsu, bila kita menganggap kontak fisik hanya memberi sensasi menyenangkan tanpa makna apa-apa. Dalam cinta, afeksi terwujud belakangan saat hubungan kian dalam. Sedang nafsu menuntut pemuasan fisik sedari permulaan.

-Cinta tidak buta, tapi menerima.
Cinta itu buta? Tidak sama sekali. Orang yang mencinta melihat dan menyadari sisi buruk kekasih. Karena besarnya cinta, dia berusaha menerima dan mentolerir. Tentu ada keinginan agar sisi buruk itu membaik. Namun keinginan itu haruslah didasari perhatian dan maksud baik. Tidak boleh ada kritik kasar, penolakan, kegeraman, atau rasa jijik. Nafsulah yang buta. Meski pasangan sangat buruk, orang yang menjalin hubungan dengan penuh nafsu menerima tanpa keinginan memperbaiki. Juga meninggalkan pasangan saat keinginannya terpuaskan, hanya karena pasangan punya secuil keburukan yang sangat mungkin diperbaiki.

-Cinta memperhatikan kelanjutan hubungan
Orang yang benar-benar mencinta memperhatikan perkembangan hubungan dengan kekasih. Dia menghindari segala hal yang mungkin merusak hubungan. Sebisa mungkin dia melakukan tindakan yang bisa memperkuat, mempertahankan, dan memajukan hubungan. Orang yang sedang tergila-gila mungkin saja berusaha keras menyenangkan kekasih. Namun usaha itu semata-mata dilakukan agar kekasih menerimanya, sehingga tercapailah kepuasan yang diincar. Orang yang mencinta menyenangkan pasangan untuk memperkuat hubungan.

-Cinta berani melakukan hal menyakitkan
Selain berusaha menyenangkan kekasih, orang yang sungguh-sungguh mencinta memiliki perhatian, keprihatinan, pengertian, dan keberanian untuk melakukan hal yang tidak disukai kekasih demi kebaikan. Seperti seorang ibu yang berkata "tidak" saat anaknya meminta es krim, padahal sedang flu.

Nah...sebetulnya Love is'nt Blind or Love is Blind??


Regards



75 komentar:

  1. ajaib, mengapa dalam lima huruf 'c, i, n, t, a' itu terdapat banyak sekali definisi,
    atau kita jawab saja dengan lima huruf juga yaitu 'e, n, t, a, h'..., dan menjaganya dari perlakuan salah...

    BalasHapus
  2. susah kalau ngomongin cinta, maunya deketan muLu ma si ayank

    BalasHapus
  3. Yang lahir akan mati ...,
    yang datang akan pergi ...,

    Tapi ada yang tidak pernah lahir,
    Tidak pernah mati, tidak datang,
    tidak pergi : CINTA

    BalasHapus
  4. cinta???
    sepertinya saya pernah merasakannya ....

    BalasHapus
  5. definisi yang unik CINTA, kalau semua dunia mengenal cinta pasti tidak ada perselisihan.. damai dan tentram karena CINTA

    BalasHapus
  6. hidup tanpa cinta hampa rasanya hiks...

    BalasHapus
  7. cinta tidak itu tidak memandang status baik itu kayak ataupun miskin :)

    BalasHapus
  8. cinta baru disadari kebutaanya ketika sudah berumah tangga. akan tampaklah sifat2 asli pasangan yang ternyata menyebalkan.... :)

    BalasHapus
  9. aku lagi sakit tapi aku mao koment akh takut dituduh sombong, hehehehe...
    wah-wah-wah... tentang cinta nie... peace and love... makanya kalo cinta itu penting! mbak jangan marah yak, hehehe.
    cinta itu adalah surga ditelapak kaki ibu... eeeh salah yak??? jadi ngawur nie hehehehe

    BalasHapus
  10. Wah, bener yang disampaikan mbak Atca tentang cinta itu.

    BalasHapus
  11. cinta.... cinta...cinta... indonesia..., kaya lagu, hehehe.... dipupuk aja dah kalo usia perkawinan semakin dewasa, halah... jadi ngawur... peace ah..

    BalasHapus
  12. Hmmm...artikel yang mantap, tapi saya lebih setuju bila cinta itu tumbuh dan besar di hati. Biarlah logika hanya bagian menjadikannya berbuah ranum atu berbunga segar.

    BalasHapus
  13. Cinta jgn kau pergi... wouwooooo
    *weleh fales* ~>.<~

    huik's dalem amad artikelnya bunda..

    BalasHapus
  14. cintrong ni yeeee, emang dia buta...sebuta mataku...jiakakakakk.....wah lagheee rajin nih bu?, tadi pagheee liat ada yang baru, nah loh sekarang ada yang baru lagheee....mantabbbb

    BalasHapus
  15. cinta...
    ga bisa dibahasakan :)

    BalasHapus
  16. Cinta ah cinta (^_^) Saya jadi speechless.. Yg pasti cinta itu mmg membutuhkan pengorbanan, dan 'pembunuhan' hehehe, serem ya? Maksudnya 'pembunuhan' ego secara sadar agar bisa mencintai dengan bebas.. Gitu siy kata2 dalam sebuah acar di Oprah Show, hahaha.... saya siy nguping ajah (^^,)

    BalasHapus
  17. Cinta dan Waktu adalah beriringan dan berdekatan, mereka adalah benda abstrak yang paling setia. Karena cinta bisa dibuktikan oleh waktu bukan oleh kata-kata semata. Cinta tidak pernah datang maupun pergi, mereka selalu ada dihati dan waktu selalu setia menemani. Artikel yang bagus dan menarik... Yang jadi pertanyaan siapa disini yang sedang jatuh oleh cinta...????? Tengak tengok kiri kanan atas bawah... apa aku ya? hehehe....

    BalasHapus
  18. setuju banget nie mba ama yang ini...

    "bukan cinta bila kita bersedia mengalah demi kepuasan kekasih. Orang yang mencinta tidak menganggap kekasih sebagai atasan atau bawahan, tapi sebagai pasangan untuk berbagi, juga untuk mengidentifikasi diri."

    sikap yg kaya gitu gak bener bgt....

    berrati salah juga donk yah mo melakukan apa aja asal pasangan yg kita sayangi seneng....


    hueehehehehe.....

    ada apa nie mba ngomongin cinta???

    BalasHapus
  19. jatuh cinta, berjuta rasanya.. tapi rasanya doank, duit jutaannya gak dapet,hahahaa..

    BalasHapus
  20. cinta oh cinta datang tak diundang pulang tak diantar (kek jelangkung hihihi)

    BalasHapus
  21. ini posting yg diutek2 kemaren?? pantesan serius banget wong bahas soal cinta..hihihi...ngomongin cinta mah gak ada habisnya...hidup tanpa cinta,bete mulu pasti...salam

    BalasHapus
  22. cinta....dimana kau kini...?
    cinta....kini aku kecewa.

    BalasHapus
  23. Wah adem ya . . . kalau baca2 tulisan yang penuh cinta . . .

    BalasHapus
  24. AQ CINTA MBKE... mbak atca,nice post sist

    BalasHapus
  25. love..love..love melulu, ada banyak cinta dmana-mana hihihi begitupula cintaku padamu mbak mmuach

    BalasHapus
  26. cinta tuh pengorbanan :)

    BalasHapus
  27. makanya mbak kalau cinta jangan pakai kacamata hitam,,,hi..hi..

    BalasHapus
  28. aku cinta semua cinta buatan indonesiaaaa...dududdu..Mbak atca jadi inget lagu di tvri dulu

    BalasHapus
  29. Cinta itu adalah kekuatan sekaligus kelemahan

    BalasHapus
  30. wah jadi belajar cinta nih..makasih sis biar nanti zie ga salah milih cinta nih

    BalasHapus
  31. kalo saya setuju ungkapan pertama mbak,love isn't blind, because love can feel what others doesn't feel it..hanya org yg kita cintai lebih megerti dan mengetahui siapa diri kita..tull gak...

    BalasHapus
  32. Love is not blind, but the people in love could make them blind, true love is beautiful, eh nyambung ga ya?

    BalasHapus
  33. Hi friend.. Nice post..Love is not blind... Visit my blog and post your comments.. I have added you to my blog roll..Also i am following your blog.. Hope you too will do the same.. Take care... Keep in touch mate!!!

    BalasHapus
  34. cinta hmm kata yang simple tapi didalamnya penuh arti

    BalasHapus
  35. Pemahaman tentang cinta ini akan terus semakin bertambah seiring bertambahnya kedewasaan kita. Thanks bunda ...

    BalasHapus
  36. weh, banyak cinta disini..., ambil atu ah, yang Cinta Tidak Buta, tapi Menerima...., akku sukka ituuuuu

    BalasHapus
  37. cinta memang butuh proses...
    atca cinta sapa?

    BalasHapus
  38. wah kalau tentang cinta di posting... pasti heboh deh...

    BalasHapus
  39. Cinta itu HIDUP..

    kalau tidak hidup, cinta tidak muncul di dlam diri kita..

    salam
    blaze5.com

    BalasHapus
  40. cinta itu serigala
    keliatan belangnya setelah 5 tahun menikah :)

    BalasHapus
  41. Wah, super mantabs nih riset tentang cintanya. Saya udah g bisa komen lebih lanjut, udah lengkap banget disini. Tinggal mengamalkan aja ya Tca. Thanks ya. Salam.

    BalasHapus
  42. jika ia sebuah cinta.....
    ia tidak cantik..
    namun senantiasa menarik..

    Jika ia sebuah cinta.....
    ia tidak mendengar...
    namun senantiasa bergetar....

    jika ia sebuah cinta.....
    ia tidak datang dengan kata-kata..
    namun senantiasa menghampiri dengan hati..

    jika ia sebuah cinta.....
    ia tidak terucap dengan kata..
    namun senantiasa hadir dengan sinar mata..

    BalasHapus
  43. Kita" tunggu saja proses alami itu tumbuh dan terus mekar diantara kita,...
    Wakakakakkaka,..."KIta",....???

    BalasHapus
  44. hidup dan kehidupan manusia tak lepas dari yg namannya CINTA... dengan CINTA dunia terasa indah dan damai.. tapi apa ya namanya dengan yg sedang terjadi sekarang di Jalur Gaza ya..??

    BalasHapus
  45. Cinta...cinta dan cinta, topik pembicaraan yang ga ada habis2nya. Tapi tetap menarik untuk disimak :)

    BalasHapus
  46. masih temtang apakah cinta itu buta apa enggak? kamu sendiri gimana cara memandangnya?

    BalasHapus
  47. duh ... lagi cinta-cintaan nich...
    Cinta itu butuh satu hari untuk mencintai
    seseorang, Tetapi membutuhkan seumur hidup untuk melupakan seseorang... (cieeee)

    BalasHapus
  48. Wah, ada pakar cinta nich disini... asyiik dech bisa nanya2 soal cinta sama Jeng Atca... :D

    BalasHapus
  49. setahu saya cinta adalah kata yang paling susah untuk dipahami sekaligus susah untuk didefinisikan...

    BalasHapus
  50. ciri dari cinta sejati is :

    (1) lebih suka berbicara dengan yang dicintaidibanding dengan yang lain,

    (2) lebih suka berkumpul dengan yang dicintai dibanding dengan yang lain, dan

    (3) lebih suka mengikutikemauan yang dicintai dibanding kemauan orang lain/diri sendiri.

    Bagi orang yang telah jatuh cinta kepada Allah SWT, maka ia lebih suka berbicara dengan Allah Swt, dengan membaca firman Nya, lebih suka bercengkerama dengan Allah SWT dalam I`tikaf, dan lebih suka mengikuti perintah Allah SWT daripada perintah yang lain.

    Gitu ya Mba' Acha.. makasih ... postingan yang syarat ma'na... cinta oh cinta...

    BalasHapus
  51. Cinta, sarat makna,..sarat arti,.. bagi nggak penting arti cinta itu, yang terpenting adalah dasar dari kita mencintai,..hayaah,..kayak yang tahu aja!!!

    BalasHapus
  52. setuju dg tulisanmu, Ca. menurutku cinta juga harus selalu berjalan berdampingan dg logika, agar ia tak menjadi buta

    BalasHapus
  53. seep deh jadi ngerti soal tujuh belas tahun ke atas nih diriku, hehe. ternyata cinta memang menarik untuk di ulas kapan aja dimana aja.
    eniwe, Total backlink Report for your site is 186, check it

    BalasHapus
  54. aku jatuh cinta pada pandangan pertama*gubrak!*

    BalasHapus
  55. rangga:ciiiinnnn....ttttttaaaaa.....!!!!!!!
    cinta:rrrrraaaannngggg....gggggaaaaaaaa....!!!!!
    rangga:kkkkaaaaa....mmmmmuuuu... lllaaaaggiii nnngggaaappppaaaiiiinnn??????
    cinta:mandiin gajah!!!!
    rangga:GUBRAKKK!!!!

    BalasHapus
  56. iya cepetan daftar, tempat terbatas, hehehe kaya kontes aja, btw saya follow kamu punya twitter

    BalasHapus
  57. Seno hadiiir..., he..he... gmn kabar Tca?

    BalasHapus
  58. saya sendiri merasakan demi memrpejuangkan cinta saya harus rela dimaki dikantor atau ditempat umum, tapi dengan membuktikannya itu sendiri sekarang malah saya disayang....

    BalasHapus
  59. Begitulah adanya cinta.Nggak ada habisnya.

    BalasHapus
  60. cinta memang buta tp cinta itu bisa bikin org sakit hati krn ditolak cintanya...

    BalasHapus
  61. Ah, a2i3s jadi semakin cinta aja nih... *cozy*

    BTW, ada kisah seorang ulama Timur bertutur dalam obrolan bersama para muridnya,

    "Semakin orang mengenal dan menghayati cinta, maka semakin takutlah orang-orang yang berpikir."

    Salah satu murid tak kuasa memendam kepenasarannya, "Apakah artinya itu?"

    Sang Ulama menjawab, "Keluarlah dan lihatlah berapa banyak cinta yang bisa kau hitung!"

    Si Murid tersebut termangu di halaman, sesaat masuk kembali dengan kepenasaran yang bertambah sangat.

    Ulama itu akhirnya berkata, "Karena cinta itu diciptakan, maka dia (cinta) bisa dimusnahkan!"

    Murid tersebut dengan spontan berkata, "Siapa yang menciptakan Cinta?

    ...

    *Kadang dengan tanpa sadar kita melupakan-Nya, dan tanpa sadar pula kita menyekutukan Dia dengan ciptaan-Nya, Astagfirullah...

    BalasHapus
  62. enak, jalan2 malam nggak macet dan nggak panas hehee

    BalasHapus
  63. bener banget yang mbak bilang itu..
    cinta adalah semangat hidup kita..
    kemari mau maen ke blog mbak, malah kesasar ke blognya si kecil..
    hahaha
    jd malu aku..
    dari kaltim ya?
    salam kenal, aku di kalsel sini aja..

    BalasHapus
  64. ngomongin cinta emang gak ad abisnya yaa .. tp selalu menarik utk dibicarakan .. :P

    BalasHapus
  65. CINTA
    kalau denger ada orang yang rela mengorbankan jiwa dan raganya demi cinta ya saya bilang cinta itu buta dan ada juga orang yang kehilangan cinta namun ga beberapa lama dah dapat gantinya dan mampu melupakannya ya saya bilang cinta itu gak buta, jadi cinta tergantung yang ngejalaninnya mau seperti apa cintanya itu.

    'ca awardnya dah ku ambil.

    BalasHapus
  66. Cinta itu tidak buta,
    tapi cinta bisa membuat orang jadi buta...

    he,he,,,
    akhirnya...

    BalasHapus
  67. akhirnya bisa ngirim komen... :D

    BalasHapus
  68. cinta itu buta,tapi kalo pake kacamata item he..he..soalnya kan gelap,betul nggak mbak atca???

    BalasHapus
  69. Love deeply and passionately. You might get hurt but it's the only way to live life completely

    BalasHapus
  70. ngomongin soal cinta, jadi inget masa² di sma dulu :D

    BalasHapus
  71. ah..se-blind-blind-nya Love dia tetap Love koq sama aku..hehe

    BalasHapus
  72. "dengan ini aq ucapkan selamat atas penelusuran cintanya" tapi klu berbicara Love is'nt Blind or Love is Blind itu tergantung pada orang yang melihat,mendengar,merasakannya dan akan terbukti pada kenyataan orang tersebut.........

    BalasHapus
  73. Cinta....bila aku mendapatkannya...?

    BalasHapus