20 November 2027

Cara Sehat Minum Kopi


Menurutku aktivitas minum kopi sepertinya tidak lepas dari para pembloger dan pekerja kantoran yang bekerja hingga larut malam. Bahkan ada beberapa teman bloger yang tahan tidak makan seharian bekerja didepan komputer hanya ditemani kopi bercangkir-cangkir. Memang minuman kopi mempunyai beberapa manfaat tapi juga mempunyai efek samping yang membahayakan juga.
Peneliti Miia Kivipelto, seorang profesor dari Universitas Kuopio Filandia di Institut Karolinska Stockholm swedia mengatakan minum kopi dapat mengurangi resiko terkena penyakit alzheimer dan dementia1. Disebutkan pada studi sebelumnya bahwa kopi memiliki khasiat dapat melindungi terhadap diabetes, yang kemudian dihubungkan dengan Alzheimer.

Di dalam kopi mengandung senyawa kafein. Kafein acap kali juga dijadikan salah satu bahan pelengkap pada obat sakit kepala. Pasalnya, kafein memiliki kemampuan mempersempit pembuluh darah ke otak (vasokonstriksi) sehingga pelebaran pembuluh darah di daerah otak yang merupakan penyebab sakit kepala bisa ditanggulangi. Bahkan, senyawa xantin dalam dosis rendah mampu merangsang susunan saraf yang sedang depresi, misalnya akibat penyalahgunaan narkoba atau kecanduan alkohol. 

Minum kopi juga berbahaya bagi penderita hipertensi (tekanan darah tinggi) karena senyawa kafein bisa menyebabkan tekanan darah meningkat tajam. Selain itu, kopi juga bisa meningkatkan aliran darah ke ginjal dengan akibat produksi urin bertambah. Jadi, jangan heran kalau tak lama sehabis mengkonsumsi kopi kandung kencing cepat penuh.
Minum kopi terlalu banyak juga tidak baik untuk wanita, karena akan mengurangi tingkat kesuburan dan bisa menambah risiko kekeroposan tulang (osteoporosis).
Sekalipun demikian mungkin jarang kita mengamati apa manfaat atau dampak negatif kopi bagi kesehatan. Paling-paling yang kita tahu setelah minum kopi badan terasa segar dan rasa kantuk hilang. 

Berikut ini tips minum kopi yang nikmat dan sehat:

1. Porsi

Meski belum ada penelitian berapa jumlah kopi yang boleh diminum per harinya, namun kebanyakan penelitian mengungkapkan, minum 300 mg caffeine (sekitar 1 sampai 3 cangkir kopi sehari) tidak akan memberikan efek negatif pada kebanyakan orang sehat.

2. Kenali Kandungan Kafein

Setelah mengetahui porsi dan tanda bahaya kopi pada tubuh, ada baiknya Anda juga mengetahui kandungan kafein dalam produk-produk yang sering dikonsumsi. Beberapa produk lain yang mengandung kafein misalnya softdrink, permen kopi, teh, cokelat, dan obat sakit kepala.

3. Coffee Mix

Untuk setiap 6 ons kopi, kita bisa kehilangan 5 mg kalsium. Namun, kehilangan kalsium ini dapat diatasi dengan menambahkan 2 sendok susu atau membuat espresso latte. Sedangkan campuran kopi dengan alkohol menjadi kurang baik, terutama bagi orang dengan gangguan hati. Dan campuran kopi dengan krim juga sebaiknya dihindari untuk mengurangi kalori berlebih. 

5. Kenali Tanda Bahaya!

Sebaiknya kenali kapan harus berhenti minum kopi. Misalnya, jika mulai merasa gelisah, jantung berdebar, gangguan mood (misalnya, cepat marah), berhalusinasi atau tak dapat tidur sepanjang malamMyEm0.Com.



Regards



98 komentar:

  1. ooo begitu yah mbak.. aku gak begitu terlalu suka kopi, paling kadang2 aja, itu juga yg instan dgn campuran susu hehehe

    BalasHapus
  2. Begitu toh ... selama ini aku gak tahu. Yang aku tahu minum kopi itu nikmat :D

    Thanks atas infony :D

    BalasHapus
  3. makasih infonya jeng, ak juga peminum kopi, info ini berguna banget

    BalasHapus
  4. saya ga suka bikin kopi, .... ;)). Tapi klo disuguhin mau....ada kopi ga disini....?

    Tuh kan yang suka minum kopi ga berarti suka marah....malah bercanda.

    BalasHapus
  5. waduh .. habis baca artikel ini kok kopiku rasanya ngak senikmat sebelumnya ... he..he..he.

    Segala yang terlalu emang ngak bagus .. terlalu larut pergi tidur karena ngeblog saja dah ngak baik apa lagi ditambahin terlalu banyak minum kopi ...

    BalasHapus
  6. Huehuheuheue..... hm, sebenernya saya hobi minum kopi, dan kebetulan juga suka mencampurnya dengan susu agar tak terlalu pahit. Tapi, hal di atas ini membuat saya semakin suka minum kopi karena ada alasan logis di baliknya. Hihihihi....... artikel yang bagus mbak!

    Hm...... siang ini ngopi ato ga yah? Hihihihi......

    BalasHapus
  7. hmmm... aku ga begitu suka kopi, katanya kalo minum kopi bisa tahan begadang semalaman, tapi kalo aku gak ngaruh tuchh, tetep aja ngantuk hehehehe

    BalasHapus
  8. lom terlalu suka kopi... kecuali pake susu, bolehlah...

    BalasHapus
  9. kalo saya lebih suka teh manis.. biar yang minum jadi tambah manis juga, hehe..

    BalasHapus
  10. hmm..kebetulan saya amat-amat getol ngopi...
    perlu nih....habis, kalau lebih dr 3 gelas kadang maag kambuh...
    Kayaknya bisa meningkatkan asam lambung juga ya...

    BalasHapus
  11. hmmm...untung etha ga suka kupi

    klo strez sukanya mik cucu cuklat hangat

    BalasHapus
  12. sama kaya rio, saya lebih suka minum teh manis he..he...

    iya nih, abis mudik he..he.., kayu alba itu buat kertas sama triplek dan beberapa kerajinan kayu yang lain.

    BalasHapus
  13. Saya juga suka minum kopi, dan sekarang saya baru tau secara menyeluruh tentang manfaat kopi itu sendiri,,, thanks ya,,,

    BalasHapus
  14. Kopi, Suka banget dongz..
    Apalagi pas ujan gini, jadi anget dech!!!

    Thanks infonya... mantap banget.

    BalasHapus
  15. Apalagi klo kopinya gratisan, lebih menyehatkan keuangan.hehehhee

    BalasHapus
  16. wah wah wah wah wah wah wahw ahwa wha wha ada yang lagi nyindir nie... bener-bener diposting, kwakakakakakak.. harii ini aku udah minum 1 energen, 2 kopi ABC, bala-bala 5, rokok 1 bks, jadi totalnya berapa bu? nge-non aja yak, nanti kalau sudah gajian baru dibayar... maklum anak kost, kwakakakakakak.
    postingannya :thumbsup: alias mantabbbbbb

    BalasHapus
  17. untung daku minum kopi sehari cuma 1 gelas, kalo lebih wahhhh bisa dimarahin emak babe nih :D

    BalasHapus
  18. secangkir kopi hitam (benci kopi susu or mocca) + pisang goreng + makannya suasana hujan di teras rumah = nikmatnya dunia.

    tapi yang no. 3 itu lho, kopi campur alkohol? gak kebayang rasanya kayak apa...

    BalasHapus
  19. gak suka minum kopi nih mbak...

    BalasHapus
  20. waduhhh tadi dah komen je... malah nge-heng.. komen lagi... mending kopi bubuk asli, ketimbng yang instant2 suka horor, hmmmm

    senoaji

    BalasHapus
  21. kopi memang enak dan nikmat, juga sehat, kadang tanpa gulapun nikmat sekali dan bikin tambah badan segar... temenku malah lebih suka satu sendok kopi campur gula di maem langsung...
    katanya enak sekali, dan kalo jalan-jalan di hutan kopi juga bermanfaat banyak sekali loh...

    BalasHapus
  22. Wah... saya sungguh penikmat kopi, apalagi jika harus bercengkrama dengan seluk-beluk blog, beramah tamah dengan rekan blogger....dan mencari inspirasi buat tulisan

    BalasHapus
  23. daripada minum kopi mendingan minum susu biar sehat

    BalasHapus
  24. thanks sharingnya, saya juga pecinta kopi, dari yang espresso, kapal api sampe cofeemix..cuman itu saya batasi sehari hanya satu cangkir, untuk memelekkan mata kalo pagi hehehe, maklum udah kadung kena sindrom susah bangun pagi..bisa2 kalo ngga ngopi hilda telat terus ke sekolahnya :)

    BalasHapus
  25. wah padahal saat ini saya lg mulai getol minum kopi pren, gmana nih hehehe
    kurang lengkap didepan kompi ngga ada kopinya

    BalasHapus
  26. @namaku wendy: bagus itu mba...mending minum air putih..

    @gratisan: kopi memang nikmattt

    @monica: sama2 mba..makasih sudah mampir yahh

    @Bang Ir: wahhh..bener nih...he..he..

    @Kabasaran: bener pak..segala sesuatu baiknya yang sedang2 saja yahh

    @Syamsul alam: wahh ternyata sudah ngopi susu yah..he..he..ya udah ngopi gihh sehari 3gelas yahh batasnya..

    @lindung: berarti kopinya ngga ngaruh ya mba..

    @Renny: enak dong..jadi kopi susu..

    @Rio9: he..he..boleh juga tuhh

    @boykesn: berarti harus dikurangi tuh ...biar ngga maagnya kambuhh

    @EtHa: hihihi..boleh kok mba..malah bagus..

    @Seno008: walahh .. kirain yang untuk bikin minyak gosok itu...

    @Kharianto: sama-sama.

    BalasHapus
  27. @Tomi Utomo: kopi memang mantap..apalagi pas hujan he..he..

    @Bawor: he..he..bolh juga idenya..

    @indra putu achyar: nahh..baca tuh artikelnya baik2...trus dijalankan sehari hari he..he..

    @ipank: wahh bagus itu...jangan banyak2 ..

    @sibaho: memang ada beberapa yang minum kopi dicampur sama alkohol..itu bagi yang biasanya sudah kecanduan kopi..jd kalo minum kopi aja sudah ngga mempan lagi pengaruhnya kalo ngga dicampur alkohol.

    @Lyla: bagus mba..minum air putih aja

    @Senoaji: kopi bubuk asli yang bikin sendiri yah??

    @suryaden: wahh.itu mah makan kopi bang..bukan minum kopi lagi..hiks..

    @Izka: nahh..benerkan..itulah bloger sejati he..he..

    @d3de: yup..bener tuh..

    @Kamillia: sama mam..aku juga secangkir aja sehari..he..he..

    @Yoyo': boleh minum kopi..tapi ada porsinya..emang ada yg larang yahh

    BalasHapus
  28. intinya semua itu ada aturan biar tidak malah membuat kita sakit kan jeng??

    BalasHapus
  29. Bener mbak, minum kopi lebih dari 7 gelas bisa menyebabkan halusinasi

    BalasHapus
  30. mau minum kopi dulu ah. lagi pusing ma kerjaan.
    thanks infonya neh

    BalasHapus
  31. oooo begitu... Makasih infonya ya... :D

    BalasHapus
  32. Jadi malu nich..
    ketawan gw maniac kopi ama rokok gara2 ngeblog hingga lupa makan dan tidur

    BalasHapus
  33. Thanks for this info and sharing

    BalasHapus
  34. saya suka kopi..tapi ngga sampe berlebihan. paling sehari 1-2 cangkir..more than enuf..
    kalo pagi kudu bin harus ngopi..kalo ngga ngopi bumi ini belum bulat keliatannya..

    btw..apa beda bundar sama bulat? hayooo...

    BalasHapus
  35. Makasih infonya... bermanfaat buat penikmat kopi seperti saya...

    BalasHapus
  36. untung gak doyan kopi, btw klo di depan kompi emang suka lupa yg lainnya sampe pernah makan sambil ngetik, bahkan nenenin sambil ngetik jg pernah tuh :D

    BalasHapus
  37. Saya hanya sekali2 aja minum kopi, itu pun kopi K-link

    BalasHapus
  38. wah tamba rame jah ni mas..............
    wah mas aq salah seorang yang kagak suka minum kopi..........
    dulu suka tapi skarang alergi....
    kagak tau juga napa...
    kalau bis mnum kopi bawaannya muntah mulu

    BalasHapus
  39. wah wah wah....kayaknya ada yang mau buatin kopi buat aku nih....hihihihi, boleh pesen satu cangkir gag yah

    BalasHapus
  40. sayang nya sesehat apapun kata bu dokter.:D
    aku gk doyan kupi tuh..
    kata maamaa kapein itu bikin ketagihan juga..
    hehe....(dodol ya )

    Yup !

    BalasHapus
  41. Makasih mbak infonya, aku gak begitu suka minum kopi..
    Aku pesen teh aja ya..
    1 gelas, gulanya gak usah banyak banyak..
    hehehe
    *emang warung? aduch di timpuk sandal ma mbak atca*

    BalasHapus
  42. Saya sangat maniak coffee.. jadi thankz ya..

    BalasHapus
  43. saya juga peminum kopi. rasanya gak enak klo memulai hari tanpa kopi. cuma dibatasi aja max 2 mug sehari

    BalasHapus
  44. saya pecinta kopi..
    ilove coffe

    BalasHapus
  45. suka...ndak..suka...ndak...suka...lah kok malah jadi nimang - nimang...hehehe

    saya suka juga minum kofi mba...tapi jarang :D, klo pengen aja...hehehe

    klo ampe 3x sehari ndak deh, ntar melek mulu...hehehe...kpn istirahatnya yakkk :D

    BalasHapus
  46. @Penny: yup...beber sekali jeng..

    @Erik: wang iya bang Erik..kalo sampe 7gelas...

    @Attayaya: banyak kerjaan berarti banyak rejeki dong..

    @Felicity: makasih kembaliii..

    @Baka Kelana: wahh bahaya banget tuh..kopi sama roko...btw jangan berlebihan bang..ngga bagus buat kesehatan.

    @Baka kelana: makasih juga.

    @Budiawanhutasoit: wahh kalo belum minum kopi jadi keliatan separoh ya..ha..haha

    @Hendriono: makasih juga...semoga bermanfaat dan jaga kesehatan yahh..

    @Pencerah: wahhh hebatttt.

    @Devga: he..he...parang banget..ngetik sambil nenenin gimana yak??

    @yaser : bagus dong..

    @www.kotabengke.com: wahhh..jangan2 ini habis minum kopi juga...masak aku dipanggil mas?? he..he..

    @Jeremy Thomas; Bolehhhh..berapa gelas adikku??

    @harry seenthing: hiks..kayaknya kang harry nih sehari habis 5 gelas dehh..

    @awan clickerz: bener tuh kata ibunya..bisa ketagihan..mending ngga usah aja..

    @rampadan: ngga pake sendal kok..pake gayung aja he..he..kaburrr

    @Denny: makasih juga..semoga bermanfaat..

    @nita: yup..memang memulai hari dengan minum kopi jd semangat..he..he..

    @jerova: hidup kopi...lhoh...

    @gdenarayana: he..he..bener juga..ntar kalo kebanyakan melek terus jadinya..

    BalasHapus
  47. hidup kopi !!! looooo .. gaknyambung.com .. sebagai pecinta kopi, kopi emang tidk bisa dilepaskan dari dunia blogger .. hehhee ...

    BalasHapus
  48. Saya penggemar kopi juga tapi ga sampe bercangkir2, cuma suka dengan sensasi rasanya saja, sedangkan kalau sudah terlalu banyak biasanya lidah malah jadi asam dan kehilangan sensasi rasanya, jadi saya selalu minum sedikit2 biar masih ada rasa kangen, hihi.. Jadi bukan kecanduan gitu deh, tapi kekangenan (^^,)

    BalasHapus
  49. U/ Kotabengke mbak Atca kok dibilang mas... gak salah tuh...

    BalasHapus
  50. Waduh aku terlanjur kecanduan nech....
    Sejak aku syuting film Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 aku makin kecanduan kopi nech,.gima dong??

    BalasHapus
  51. kayaknya engk ngaruh apa2 tuh maklum aja minum kopi juga kadang2 sebulan sekali atau 6 bulan sekali itupun kopi susu atau kopi jenis lainnya kecuali kopi item engk banget deh hehe...

    BalasHapus
  52. biar gak ada masalah, minum kopinya tanpa kopi dan gula saja ...hehehe

    *.... kaburrr ...

    BalasHapus
  53. Kalau aku jarang minum kopi hitam. Tapi kalau coffeemix mah Insya Allah ga papa, itu pun ga sering-sering amat. Baru-baru ini coba teh tubruk instan (teh pake susu) hmm lebih enak dan ringan....

    BalasHapus
  54. makin segar ini... "template-nya"

    BalasHapus
  55. Saya mungkn udah terbilang coffee addict, kalo satu hari belum kemasukan kafein rasanya ada yang kurang...

    makasih udah mampir ke blog saya, salam kenal nan hangat selalu buat sampeyan Jeng...

    BalasHapus
  56. kalo lgi pgn begadang heuheueheuheu tapi jrg sih

    BalasHapus
  57. Minum kopi biasanya di barengi dengan menghisap rokok.... lengkap deh... (penyakitnya)

    *kabuuurrr*

    BalasHapus
  58. @Febrie: he..he..iya mba..ngeblog tanpa kopi berasa sayur tanpa garam..halahhh

    @G: wahh ini istilah baru nihh..lebih mengena..kekangenan he..he..

    @Lyla: he..he..iya tuh mba...aku dipanggil mas..

    @Kampanye damai pemilu indonesia 2009: hayyahh..bikin nama yg panjang..makanya jangan sering2 syuting he..he...

    @Coy: wahh..apa ngga malah bahaya tuh kopi item?

    @Keris: he..he...boleh tuhh

    @Kangmastyo: wahhh itu bagus teh dicampur susu..memang enak kokk

    @Hendrawan: wahh..perasaan sudah lama deh ..he..he..

    @Tukang Nggunem: he..he..nah itu..
    makasih juga kunjungannya, salam hangat juga..

    @Cebong Ipiet: jangan banyak begadang ya mba..

    BalasHapus
  59. gw juga pernah denger minum kopi bikin kita jadi ceoet pikun, bener ga ?? untuk gw ga begitu suka kopi..

    BalasHapus
  60. Minum kopi itu emang enak.....
    tp kalo gak dibikinin mah gak minum....
    huehehehe...
    nice info mba...
    n bujubuneng....
    Selalu mbludak nie komen2 nya...

    BalasHapus
  61. @BlaGaBloGer : ho oh det, skarang mba atca dah jadi artis ibukota . wekekekekekek

    kopinyaaa yoooook nyeruput ampe maboook.. biar kuat sakti mandra gunaa ...

    BalasHapus
  62. jauuhh... ke bawah.

    gw pernah tuh suka banget minum kopi. padahal gw udah tau kalo itu gak baik buat anak seusia 14 taun kayak gw (jangan salah baca jadi 41!). dan akhirnya... gw bisa begadang ampe jam 3 pagi. hahaha

    salam kenal... thanks udah maen ke blog gw...
    Mr. Handsome

    BalasHapus
  63. Saya seneng ngelihat orang minum kopi..
    cuman masalahnya saya sendiri gak tahan minum kopi
    perut saya suka kembung kalo minum kopi..
    kenapa ya??

    Salam kenal..
    mampir ke blog saya
    thanks

    BalasHapus
  64. wah untungnya jarang minum kopi kalau ga terpaksa..:p btw tips nya boleh juga mba ...

    BalasHapus
  65. kalo aku sih penting ada air panas, gula, kopi, plus cangkir.
    oya minumnya harus pake mulut kalo mau sehat..ekekekek..piss mbak..

    BalasHapus
  66. Wehehehe kebetulan aku nggak suka kopi... jadi apapun manfaatnya kurang tahu.. thanks yah.

    BalasHapus
  67. good post sis...
    tapi sayang aq gak suka kopi...
    hohoho...

    BalasHapus
  68. bagus, semua orang punya kesempatan yang sama. Akan aku liat apakah sang penulis sudi berkunjung ke blogku yang masih newbis
    www.egaliter.co.cc

    liat aja ah. Saya yakin Silaturahmi lebih penting dari sekedar.........

    Mari jalin PEDULI, alangkah indah kita saling mengenal, selanjutnya terserah Anda

    www.egaliter.co.cc

    BalasHapus
  69. saya suka kopi tapi kalau lagi begadang aja

    BalasHapus
  70. Hwaaaa... a2i3s kopiholic banget nih teh, dalam sehari bisa ngabisi 3 gelas kopi item pekat, hehehe... kopi juga ternyata bisa bermanfaat menunda lapar lho! :P

    ditunggu kunjungan di rumah baru a2i3s ada makan2 lho, hihi

    BalasHapus
  71. suami hrs tau nie.. soalnya dia penggila kopi :D

    BalasHapus
  72. wah saya jarang minum kopi..suka berdebar2 dan mual soalnya :)
    kalopun minum pake creamernya yg banyak kopinya dikittt ...

    BalasHapus
  73. Wah, informatif nich Jeng...
    Aku suka banget minum coffee mix, tp jarang2 krn efek kafeinnya nggak cocok di aliran darahku... :)

    BalasHapus
  74. tapi kalo saya ngeblog gak minum kopi kok... padahal, sekali ngebog bisa sampe pagi....

    BalasHapus
  75. hmmm aku paling suke latte, apalagi klo di minumnya pas lagi ujan...

    BalasHapus
  76. saya kayaknya kemarin udah komentar di sini.
    kemarin waktu baca di sini sedang merebus air untuk bikin kopi tapi kelupaan sampai airnya habis menguap semua, pancinya sampai membara.

    BalasHapus
  77. wah kopi?
    lambungku ngak kuat bos

    BalasHapus
  78. Sip lah, aku juga numpang komen aja...
    Aku gak terlalu mentingin kopi, secara memang gak terlalu suka hehehe...

    Cheers, frizzy.

    BalasHapus
  79. kopiii kpiiiii,.... da yang mo mesen kopii,.... hayooo,...murah ko!!! lha ko jadi jualan disini,,...he hee hee

    BalasHapus
  80. alhamdulillah zie bukan maniac coffee ... tp info ini sangat berguna untuk PAe zie mba...thanks alot ya nanti bs zie bagi ke Pae krn beliau coffee addicted gt

    BalasHapus
  81. Maaf baru berknjung, alnya sibuk banget.... Info mantap nih bunda.... kalo aku nggab isa minum coffee mix.. cos efeknya jantungku jadi berdebar - debar... ngga cocok gitu...

    BalasHapus
  82. Ooo... begitu toh.
    Tp sy gak suka kopi mb...
    btw nice post nih

    BalasHapus
  83. infonya ok punya..aku juga sering pusing klo kurang tidur n sembuh klo dah minum kopi..

    BalasHapus
  84. tadi pagi sebelum main futsal minta dibikinin kopi ama istri..eh pas main futsal malah agak sakit perut..ya jelas aja lhe wong belum sarapan..

    BalasHapus
  85. mantap nih tipsnya. Sangat berguna buat kopiholic seperti saya.. :)

    Salam kenal

    BalasHapus
  86. Saya peminum kopi jg mbak, sehari minum kopi 2 cangkir = itu kan masih dalam batas sehat ya mbak....

    BalasHapus
  87. saya minum kopi hitam 1 x
    kopi indocafe 1 x

    BalasHapus
  88. Aercrombie& Fitch abercrombie & fitch Chinese:Bo Ke abercrombie compare a cheap abercrombie & fitch dragon with thin abercrombie and fitch strange.Is abercrombie outlet a super abercrombie & fitch sale popular young abercrombie clothing American the discount abercrombie region ethnicity abercrombie and fitch UK dress brand, popular abercrombie and fitch outlet all over the world from theabercrombie and fitch London United States, mainly warecreational young route, the clothes texture is super good, design outstanding,


    Currently abercrombie jeans in Hollywood and the abercrombie pants Abercrombie& Fitch abercrombie tees in youth market abercrombie shorts red head half abercrombie sweaters side sky, can abercrombie outerwears be treated abercrombie hoodies as new century, the representative of youth vogue, the A& F abercrombie polos is the brand that American university student loves most currently, the elk of a head of amiability prints in place ahead, youth but vogue.

    BalasHapus
  89. Bike Attachments : What youre saying is completely true. I know that everybody must say the same thing, but I just think that you put it in a way that everyone can understand. I also love the images you put in here. They fit so well with what youre trying to say. Im sure youll reach so many people with what youve got to say. Diamond Blizz

    Kind Regard

    Juns

    Best to Download

    BalasHapus
  90. Very nice post. Please keep writing.

    BalasHapus